Jumat, 26 April 2024

65 Tahun Indonesia-Jepang, Dubes RI Gelar Promosi Indonesia dan Demonstrasi Ikebana di Tokyo

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ibu-ibu anggota DWP KBRI Tokyo tampak anggun dalam peragaan busana nusantara di antaranya batik Jambi, songket Palembang, dan kain tapis khas Lampung saat kegiatan Promosi Indonesia dan Demonstrasi Ikebana di Tokyo. Foto: KBRI Tokyo

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan perayaan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia – Jepang, Heri Akhmadi Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang beserta Nuning Akhmadi sang istri menggelar promosi Indonesia dan demonstrasi Ikebana, serta peragaan busana di Wisma Duta, pada Rabu (22/2/2023).

“KBRI Tokyo mengadakan berbagai kegiatan, antara lain Indonesia-Japan Friendship Day di lebih dari 13 kota di Jepang mulai Januari hingga Desember 2023. Harapan saya, kegiatan hari ini bisa memperkuat saling pengertian antara Indonesia dan Jepang,” ucap Heri.

Dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Kamis (23/2/2023), kegiatan tersebut dihadiri Yuko Hayashi Istri Menteri Luar Negeri Jepang dan Miyoko Watanabe President of Ikebana International Tokyo Founding Chapter.

Demonstrasi Ikebana ini merupakan kerja sama DWP KBRI Tokyo dengan Ikebana International Tokyo Founding Chapter, yang dipandu oleh Kazuko Nakada, ahli Ikebana dari The Sogetsu School of Ikebana.

“Ada pesan-pesan damai dan kemanusiaan yang ingin disampaikan dalam kegiatan ini. Baik melalui media Ikebana maupun peragaan busana yang juga bertepatan dengan peringatan 65 tahun hubungan Indonesia-Jepang,” ujar Nuning Akhmadi.

Kazuko Nakada dalam kesempatan itu turut mendemonstrasikan pembuatan Sogetsu Ikebana. Seni merangkai bunga Jepang yang dapat menjadi penghias ruangan mulai dari hiasan di depan pintu, ruang tamu hingga meja dapur. Sogetsu Ikebana ini juga kerap ditempatkan di lobi hotel, ruang perjamuan hingga ruang publik.

“Terima kasih kepada Bapak Dubes dan Ibu Nuning Akhmadi, saya berkesempatan mendemonstrasikan seni merangkai bunga. Saya berharap acara ini akan semakin mempererat hubungan Jepang – Indonesia yang telah berusia 65 tahun,” kata Kazuko.

Pada ajang kolaborasi budaya Indonesia-Jepang ini, ibu-ibu anggota DWP KBRI Tokyo tampak anggun dalam peragaan busana nusantara di antaranya batik Jambi, songket Palembang, dan kain tapis khas Lampung.

Selain menampilkan peragaan busana wastra Indonesia, acara ini juga menampilkan peragaan busana dari Hatsumi Yoshida perancang busana asal Jepang, yang menggunakan bahan daur ulang paduan material alam Indonesia.

Adapun beberapa karya dari Hatsumi Yoshida yang tampil dalam peragaan busana ini di antaranya kalung, topi dan kebaya sebagai busana nasional Indonesia yaitu kebaya. Usai acara, para tamu disajikan sajian kuliner khas Indonesia seperti lemper ayam, sate ayam dan kue-kue basah. (bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs