Senin, 29 April 2024

Ajang Proklim 2023 KLHK, Kabupaten Gresik Sabet Tiga Kategori Penghargaan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Fandi Ahmad Yani Bupati Gresik bersama perwakilan Program Kampung Iklim (Proklim) Gresik waktu menerima penghargaan dari Kementerian LHK di Jakarta, Selasa (24/10/2023). Foto: Pemkab Gresik

Kabupaten Gresik menyabet tiga kategori penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) sekaligus, dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI tahun 2023.

Penghargaan di bidang lingkungan itu diberikan langsung oleh Siti Nurbaya Menteri LHK, di Gedung Manggala Wanabakti KLHK, Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Siti Nurbaya Menteri LHK (kiri) waktu memberikan penghargaan pembina Proklim untuk pemerintah daerah yang diterima Fandi Ahmad Yani Bupati Gresik, acara penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) sekaligus, dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI tahun 2023 di Jakarta, Selasa (24/10/2023). Foto: Pemkab Gresik

Salah satu penghargaan tersebut yakni pembina Proklim untuk pemerintah daerah, yang diterima Fandi Akhmad Yani Bupati Gresik. Capaian ini merupakan yang pertama diraih Kabupaten Gresik dalam ajang penghargaan Proklim.

Kategori penghargaan lain, adalah untuk lokasi yang diusulkan DLH Kabupaten Gresik. Di mana dari 23 usulan lokasi tahun 2023 diperoleh 1 lokasi trophy utama yang diraih RW 02 Kelurahan Sukorame Kecamatan Gresik, yang diberikan penghargaannya pada hari ini, Rabu (1/11/2023).

Sedangkan 16 lokasi lain mendapatkan sertifikat utama, lima lokasi sertifikat madya dan satu lokasi sertifikat pratama.

Fandi Akhmad Yani mengatakan, penghargaan ini merupakan wujud dari kerja kolektif berbagai pihak. Mulai dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik khususnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH), masyarakat, perusahaan, hingga seluruh stakeholder Kabupaten Gresik.

“Penghargaan ini, membawa pesan penting bahwa menjaga kelestarian lingkungan memerlukan kerja bersama, sinergitas dan kolaborasi semua pihak. Mari kita menjaga iklim dan lingkungan kita, salah satu caranya dengan memperbanyak menanam pohon,” ujarnya.

Siti Nurbaya Menteri LHK waktu memberikan sambutan dalam acara penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) sekaligus, dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI tahun 2023 di Jakarta, Selasa (24/10/2023). Foto: Pemkab Gresik

Dari sudut pandang lain, penghargaan ini juga merupakan bentuk apresiasi KLHK atas peran aktif Pemkab Gresik dalam mendukung Proklim di daerah.

Dukungan antara lain dalam bentuk kebijakan sekaligus penganggaran, yang sudah tertuang dalam Program Nawa Karsa, yakni Gresik Lestari.

Disamping itu, Pemkab Gresik melalui dinas terkait dan kerja sama dengan stakeholder, juga melakukan perencanaan dan pembinaan pada masyarakat.

Sri Subaidah Kepala DLH Gresik menambahkan, bahwa program Proklim di Kabupaten Gresik akan terus dikembangkan.

Menurutnya, penghargaan ini cukup spesial bagi Kabupaten Gresik yang dikenal sebagai Kota Industri. Capaian ini, menjadi bukti nyata bahwa partisipasi masyarakat di Kabupaten Gresik sudah tinggi dalam pelestarian lingkungan.

Kelurahan Sukorame yang dalam penyerahan penghargaan ini diwakili oleh Nikmatul Akhiroh dan pendamping dari PT. Pertamina Lubricants, menyatakan siap membagi success story yang dimiliki.

Tak lupa, dirinya juga mengajak kelurahan atau wilayah lain untuk mengikuti jejak Kelurahan Sukorame dalam upaya pelestarian lingkungan.

“Mari kita hijaukan lingkungan sekitar, demi Kabupaten Gresik tercinta,” seru Nikmatul.

Proklim di Kabupaten Gresik ini bisa terwujud, tidak lepas dari kolaborasi dengan berbagai pihak. Salah satunya, dengan keterlibatan berbagai perusahaan pendukung seperti PT. PLN Nusantara Power UP Gresik dan PT. Petrokimia Gresik. Kolaborasi ini jugalah yang membuat PT PLN Nusantara diganjar penghargaan pendukung Proklim tahun 2023, lantaran sudah melakukan pembinaan lebih dari 10 lokasi. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs