Senin, 29 April 2024

Akhir Tahun, Wali Kota Surabaya Rotasi Ratusan ASN Termasuk 9 Kepala Dinas

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menandatangani rotasi 231 ASN, Jumat (29/12/2023). Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya merotasi 231 Aparatur Sipil Negara (ASN) pemerintah kota (pemkot) termasuk sembilan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau dinas, hari ini, Jumat (29/12/2023).

Eri menyebut, rotasi yang didominasi pejabat lingkup kelurahan dan kecamatan itu bukan karena sanksi atau degradasi. Melainkan hanya menguji kompetensi.

“Jadi berputar-putar ya, karena ketika kita lihat ada yang mampu berhasil di satu titik, yang satunya dilihat cocok atau nggak, (tetap) kita putar (rotasi). Sehingga saya bilang, sebelum setahun kalau kinerja bagus bisa diputar untuk menguatkan tempat lainnya,” kata Eri, Jumat.

Ia juga memberi Pekerjaan Rumah (PR) khusus soal percepatan progres penanganan saluran, Penerangan Jalan Umum (PJU) dan pelayanan publik yang harus nampak 2024.

“Jadi yang paling tercepatkan itu adalah terkait dengan saluran, PJU, pelayanan publik. Tapi saya pesankan satu hal, kepada teman-teman yang saya lantik hari ini apakah itu lurah, camat, kasi, kabag dan kadis, pemimpin itu harus memiliki jiwa santun, adem tapi juga tegas,” paparnya.

9 kepala dinas Pemkot Surabaya dirotasi hari ini, Jumat (29/12/2023). Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Eri juga meminta semua ASN dengan tegas menjalankan tanggung jawabnya untuk meluruskan aturan.

“Kalau ada di depan mata mereka yang tidak menjalankan syariat agama, tidak menjalankan aturan pemerintah, maka lakukan dengan ketegasan, jangan lemah lembut,” tegasnya.

Mantan Kepala Bappeko Pemkot itu menekankan pejabat dinas hingga kelurahan dan kecamatan, harus benar-benar menguasai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing.

“Camat dan lurah harus tahu jumlah rumah di RW-nya. Aneh kalau mereka sampai gak tahu, misal kalau ada rumah yang dipakai kos-kosan,” jelasnya.

Sebagai informasi, sembilan kepala dinas yang dirotasi terdiri dari, Syamsul Hariadi, dilantik sebagai Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (BPKSDM), Wiwiek Widayati, dilantik sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Ketiga, Hidayat Syah, dilantik sebagai Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata (Disbudporapar), selanjutnya Febrina Kusumawati, dilantik sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Kelima, RR Laksita Rini Sevriani, dilantik sebagai Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), kemudian Dedik Irianto, dilantik sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), lalu Agus Hebi Djuniantoro, dilantik sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Kedelapan Irvan Wahyudradjad, dilantik sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang). Terakhir Lilik Arijanto, dilantik sebagai Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP).

Eri juga menjelaskan kursi kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya yang masih kosong, baru akan dilelang Januari mendatang. Sementara kekosongan lain akan dilelang bulan Juli.

“Nanti ini bulan Juli (banyak jabatan) kosong lagi, ada yang pensiun kepala dinas soalnya. Januari kita baru buka lelang. Setelah itu Juli buka lelang. Kalau eselon 2 gabisa, harus di lelang. Atau dari yang ada rotasi memutar di situ lebih pas,” tandasnya. (lta/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs