Minggu, 3 Maret 2024

Akses Pendakian Gunung Penanggungan Ditutup karena Kebakaran Belum Padam

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Petugas BPBD Jatim waktu melakukan penyisiran karhutal di Gunung Penanggungan, Jumat (3/11/2023). Foto: BPBD Jatim. Petugas BPBD Jatim waktu melakukan penyisiran karhutal di Gunung Penanggungan, Jumat (3/11/2023). Foto: BPBD Jatim.

Jalur pendakian di Gunung Penanggungan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur ditutup akibat peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang belum padam sejak, Kamis (2/11/2023) kemarin.

Gatot Soebroto Kepala Pelaksana BPBD Jawa Timur menyatakan, saat ini petugas masih melakukan pemadaman, pemantauan dan membuat ilaran atau sekat di sejumlah titik. Setidaknya 181 petugas diterjunkan untuk memadamkan api.

“Teman-teman sekarang sedang melakukan penyusuran untuk memastikan keberadaan bara api di mana saja. Untuk itu kami tidak berani membuka jalur pendakian,” kata Gatot dikonfirmasi suarasurabaya.net, Jumat (3/11/2023).

Wilayah yang jadi jalur penyisiran petugas antara lain di Gunung Sarang Kelapa bagian dari Puncak Bayangan (Anak Gunung Penanggungan) dan Gunung Gajah Mungkur.

Sementara itu luas lahan yang tercatat hingga saat ini sudah mencapai sekitar 80 hektare dengan jenis vegetasi semak belukar, ilalang, dan bambul.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran di Gunung Penanggungan terjadi sekitar pukul 14.21 WIB, Kamis (3/11).

Luas area yang terbakar pada Kamis kemarin mencapai 45 hektare. Yang mana saat ini luas kebakaran diperkirakan bertambah jadi 80 hektare.

“Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak setempat. Hingga saat ini, masih terlihat kepulan asap dan pihak terkait melakukan pemantauan,” terang Gatot kemarin.(wld/iss/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
27o
Kurs