Kamis, 23 Mei 2024

Alex Ellinghausen Tekankan Pentingnya Foto dalam Jurnalistik

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Salah satu siswa yang sedang melihat pameran foto karya Alex Ellinghausen jurnalis foto The Sydney Morning Herald and The Age sebuah media di Australia, di Graha Pena pada Kamis (2/2/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Alex Ellinghausen jurnalis foto The Sydney Morning Herald and The Age sebuah media di Australia, menyampaikan bahwa foto dalam karya jurnalistik merupakan hal yang penting.

“Foto dapat berbicara banyak dari kata-kata, foto dapat membantu menyampaikan yang tidak tersampaikan di teks,” ungkap Alex saat berada dalam Workshop dan Exhibition Challenge in Photo Jounalism, yang digelar oleh Konsulat Jenderal Australia di Graha Pena Surabaya, pada Kamis (2/2/2023).

Alex juga menyampaikan, bahwa dengan foto suatu momen yang diabadikan dalam berita dapat memberi kenangan yang lebih berkesan.

“Dalam membaca berita, yang pertama dilihat selain headline adalah foto,” ucap pria yang telah 15 tahun berkecimpung dalam dunia foto jurnalis itu.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa foto jurnalis yang bekesan dapat dilakukan di berbagai pos liputan, mulai dari olahraga, umum, atau bahkan politik.

“Banyak orang menganggap bahwa memfoto dalam liputan politik membosankan, itu tidak membosankan, di gedung parlemen diambil kebijakan yang berdampak pada banyak orang, bisa mengabadikan foto di sana,” jelasnya.

Alex Ellinghausen jurnalis foto The Sydney Morning Herald and The Age sebuah media di Australia, saat mengisi Workshop Photo Journalism yang diadakan oleh Konjen Australia di Graha Pena Surabaya, pada Kamis (2/2/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sementara hal penting lainnya dalam foto jurnalis adalah mengambil momentum. Menurutnya, waktu harus diperhitungkan untuk mendapatkan gambar yang maksimal.

“Kesiapsiagaan, kita tidak punya kesempatan kedua dalam foto, momen tidak bisa diulang, jadi harus prepare,” ucapnya.

Lebih lanjut, jurnalis foto juga harus bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman, agar setiap muncul teknologi baru tidak ketinggalan dan bisa memanfaatkan dengan baik.

“Harus terus belajar. Mulai drone hingga pembuatan video, saya dulu menjalani training itu,” ucapnya.

Selain itu, ia menegaskan yang tak kalah penting dari teknik menggunakan kamera adalah tentang menjaga kesehatan dalam bertugas di lapangan.

“Contohnya kebakaran hutan yang waktu di itu terjadi di Australia, harus menjaga keselamatan,” pungkasnya.

Sebagai diketahui, dalam workshop tersebut juga digelar pameran foto Alex Ellinghausen jurnalis foto yang pernah mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi dalam karirnya.(ris/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Kamis, 23 Mei 2024
30o
Kurs