Rabu, 24 April 2024

Kemenparekraf Buka Pendaftaran Stimulus Film-Foto Hingga 24 Agustus

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi Industri Perfilman dan Fotografi binaan Kemenparekraf. Foto: Kemenparekraf

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak para pelaku industri kreatif di bidang film dan fotografi yang ada di seluruh Indonesia, untuk berpartisipasi dalam program stimulus “Lensa Kreatif 2022”. Pendaftarannya sendiri, sudah dibuka mulai 10 hingga 24 Agustus 2022 mendatang.

Sandiaga Salahuddin Uno Menparekraf dalam pernyataannya yang dikutip kemenparekraf.go.id, Rabu (10/8/2022) kemarin, menjelaskan bahwa kehadiran program stimulus tersebut merupakan bentuk bantuan pemerintah untuk mendorong pelaku ekonomi kreatif (ekraf). Dengan program tersebut, mereka diharapkan semakin aktif dan kreatif dalam memproduksi karya film dan fotografi yang berkaitan dengan kekayaan alam, budaya, tradisi, hingga produk lokal Indonesia.

“Sehingga tidak hanya memberikan dampak pada peningkatan karya film atau fotografi yang berkualitas, tapi juga berdampak pada meningkatnya minat wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia. Dengan demikian, pemulihan ekonomi nasional dapat kita wujudkan,” kata Menparekraf.

Program stimulus Lensa Kreatif Kemenparekraf.

 

Sementara itu, Muhammad Neil El Himam Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf menambahkan, target penerima bantuan program “Lensa Kreatif 2022” yakni sebanyak 478 pelaku ekraf, yang terdiri dari 186 perseorangan/kelompok masyarakat perfilman, dan 292 perseorangan/kelompok masyarakat fotografi.

Sementara untuk besaran masing-masing penerima bantuan yang sudah terkurasi, yaitu untuk pelaku ekraf subsektor film dengan nominal bantuan sebesar Rp50 juta per penerima bantuan, serta Rp20 juta per penerima bantuan untuk subsektor fotografi.

“Besar harapan kami, insan kreatif film dan fotografi tanah air akan menyemarakkan program Lensa Kreatif dengan karya-karya terbaiknya,” kata Neil.

Bagi pelaku ekonomi kreatif yang turut berpartisipasi dalam program ini dapat mengirimkan proposal film dan karya fotografi yang siap produksi atau dalam tahap penyelesaian produksi sesuai dengan tema yang diangkat yaitu “Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Lokal”. Penerimaan proposal dapat di submit melalui laman website resmi di www.lensakreatif.kemenparekraf.go.id. (bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs