Sabtu, 27 April 2024

Anggota DPRD Surabaya Minta Perusahaan Kawasan Industri untuk Berkontribusi dalam Lingkungan Setempat

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Anggota Komisi A DPRD Surabaya Arif Fahtoni. Foto: Antara

Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD Kota Surabaya meminta perusahaan industri ikut andil atau berkontribusi dalam pembangunan di lingkungan setempat.

Arif Fahtoni Anggota Komisi A DPRD Surabaya di Surabaya, Sabtu (4/2/2023), mengatakan, perkembangan pembangunan hunian warga di Kota Pahlawan cukup tinggi, khususnya yang berada di kawasan Surabaya Timur.

“Kawasan itu dahulunya tambak dan sekarang sudah banyak dibangun hunian. Secara otomatis dasar infrastruktur harus dipenuhi oleh pemerintah kota,” kata Toni, panggilan akrabnya.

Melansir dari Antara, pada saat kegiatan reses di 12 titik sepekan lalu, selain usulan berupa paving, penerangan jalan umum (PJU), warga juga menginginkan pembangunan Balai RW yang layak.

Hal ini, lanjut dia, dikarenakan selain Balai RW digunakan sebagai pertemuan warga, tapi juga difungsikan untuk tempat proses belajar mengajar pendidikan anak usia dini (PAUD).

Namun, Pemkot Surabaya seringkali tidak bisa melakukan intervensi pembangunan karena ada masalah hak kepemilikan dari lahan yang digunakan untuk Balai RW.

Untuk itu, Toni mendorong perusahaan-perusahaan di kawasan Surabaya timur seperti halnya di Kecamatan Rungkut dan Gunung Anyar menggunakan dana sosial perusahaan atau CSR-nya untuk merenovasi Balai RW.

Dengan demikian, kata dia, perusahaan-perusahaan tersebut juga ikut serta membantu tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Menurut Toni, masyarakat Surabaya saat ini sedang menunggu bentuk tanggung jawab sosial dari perusahaan untuk urusan sosial dan lingkungan.

Seperti halnya perusahaan di bidang perumahan YKP atau PT YKP yang saat ini sudah diakuisisi  Pemkot Surabaya.

“Kami berharap YKP ikut membangun Balai RW atau fasilitas umum lainnya. Biar keberadaan mereka ada manfaatnya bagi masyarakat,” kata ketua DPD II Golkar Surabaya tersebut.(ant/abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs