Sabtu, 4 Mei 2024

Anggota Keluarga Jemaah di Tanah Air Diajak Berpuasa Doakan Kelancaran Puncak Haji

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
(Kiri ke kanan) Ustadz Dimas Sukiran Ketua KBIHU Roudhotul Aalamin, Samsu Thohari Karom 9 Kloter 72, Qomar jemaah haji dari Embarkasi Surabaya, usai sholat Subuh di mushola hotel di Makkah, Jumat (23/7/2023). Foto: Iping suarasurabaya.net

Ustadz Dimas Sukiran Ketua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh KBIHU Roudhotul Alamin Surabaya, mengajak keluarga jemaah Haji di Indonesia berpuasa Tarwiyah mengingat wukuf saat puncak Haji 1444 H sudah semakin dekat.

Hari Tarwiyah sendiri akan jatuh pada hari Senin (26/6/2023) sementara Hari Arofah pada Selasa (27/6/2023). Dia mengajak keluarga di Tanah Air berpuasa, agar menyatukan irama spiritual dengan jemaah yang sedang melaksanakan puncak haji itu.

“Kepada keluargaku yang ada di Indonesia, monggo ikut berpuasa agar satu irama, satu irama spiritual,” tutur Ustadz Dimas kepada suarasurabaya.net di Tanah Suci, Kamis (23/6/2023) petang waktu Saudi.

Sementara untuk jemaah haji yang ada di Arofah ,juga diingatkan oleh Ustadz Dimas untuk menjaga kesehatan mengingat wukuf memerlukan tenaga ekstra dan kondisi badan sehat.

“Jemaah haji juga harus menyiapkan pembekalan. Diantaranya bekal-bekal pribadi dan perlengkapan pribadi untuk bisa ikut di Mina, terutama Tarwiyah,” paparnya.

Ustadz Dimas menambahkan bahwa kegiatan pada Hari Tarwiyah di Arofah berupa Sholat Wiritan, begitupun juga saat di Mina.

“Posisi di Mina dengan keterbatasan tempat keadaan yang berbeda dengan biasanya, apalagi tingkat hunian yang orangnya banyak tempatnya sempit. Sehingga kita akan berjubel memang.” ujarnya.

Sebagai tambahan, persiapan menjelang proses haji wukuf di arofah sudah dilakukan. Dari survey KBIHU Roudhotul Alamin Surabaya di Maktab 39, terlihat AC sudah dinyalakan beserta bantal dan alas tidur sudah disiapkan dengan baik. Adapun juga transportasi menuju Arofah yang disiapkan langsung dari Maktab. (ipg/bnt/bil)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
32o
Kurs