Jumat, 3 Mei 2024

Angkutan Feeder Wirawiri Secara Bertahap Akan Tambah Rute

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Uji coba pengoperasian angkutan feeder wirawiri, sesusai peresmian di Taman Puspa Raya Citraland Surabaya, pada Kamis (2/3/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Ali Musthofa Sub Koordinator Angkutan Jalan dan Terminal Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya menyatakan, setelah peresmian feeder Wirawiri, secara bertahap rencananya akan ada penambahan rute.

“Nanti kita akan tambah dua sampai tiga rute lagi, supaya bisa lebih banyak lagi menjangkau kota Surabaya, dengan harapan nanti semua angkutan umum ini terintegrasi,” ucapnya seusai melakukan peresmian di Taman Puspa Raya Citraland Surabaya, pada Kamis (2/3/2023).

Lebih lanjut, untuk penentuan rute tersebut, ia mengatakan akan ditetapkan dengan menggunakan survey.

“Jadi kita tahu, masyarakat Surabaya ini aktivitasnya dari mana ke mana seperti itu, jadi itu yang kita prioritaskan untuk kita layani terlebih dahulu, yang banyak kemudian bertahap ke yang sedikit,” jelasnya.

Ia mengatakan, dengan adanya terobosan itu, diharapkan perlahan masyarakat Surabaya banyak yang menggunakan transportasi umum, apalagi menurutnya harganya murah dan nyaman.

“Dan ini adalah salah satu upaya pemerintah Surabaya untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, ini langkah awal dari pemerintah Kota Surabaya,” ungkapnya.

Begitu juga dengan unit armada, ke depan rencananya juga akan ada penambahan.

“Kalau sekarang di Citraland ini nanti akan ada sekitar enam unit, secara hateway-nya diatur per 15 menit maksimal,” ungkapnya.

Konferensi pers angkutan Feeder Wirawiri sesuai peresmian di Taman Puspa Raya Citraland Surabaya, pada Kamis (2/3/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sementara itu, Lau Hendra Associate Director Citraland Surabaya berharap, dengan adanya rute di Citraland tersebut warga dapat memanfatkan feeder sebaik mungkin.

“Karena memang nyaman sekali kendaraanya. Kemudian bisa ke mana-mana dengan murah, nyaman, dan aman. Jadi, menurut saya ini fasilitas yang bagus,” ucapnya seusai mengikuti uji coba pengoperasian Angkutan Feeder Wirawiri.

Ia juga berharap, agar angkutan yang saat ini memiliki jumlah sebanyak 52 unit dan lima rute di Surabaya itu, dapat terus berkembang.

“Mudah-mudahan bisa diperluas dan dikembangkan, bisa memenuhi kebutuhan dari yang memakainya, konsumennya, agar lebih nyaman lagi,” pungkasnya.

Saat ini ada lima rute yang akan dilalui feeder itu terdiri dari, Terminal Benowo – Tunjungan, Park and Ride Mayjen Sungkono – Embong Wungu, Terminal Intermoda Joyoboyo – Kedung Asem, dan Penjaringan Sari – Gunung Anyar, Puspa Raya – HR. Muhammad.(ris/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs