Minggu, 28 April 2024

Resmi Diluncurkan, Angkutan Feeder di Surabaya Beroperasi Mulai Besok

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Angkutan Feeder Wirawiri Surabaya saat diresmikan di Taman Puspa Raya Citraland Surabaya, Kamis (2/3/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Angkutan Feeder WiraWiri Surabaya telah diresmikan hari ini, Kamis (2/3/2023) dan angkutan umum tersebut rencananya akan beroperasi mulai besok, Jumat (3/3/2023).

Tundjung Iswandaru Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya menyatakan, angkutan umum tersebut ini merupakan transportasi yang memiliki dimensi lebih kecil.

“Dengan harapan, dapat menjangkau penumpang ke wilayah atau jalan-jalan yang sempit di Surabaya,” ucapnya dalam acara peresmian Feeder Wirawiri di Surabaya, pada Kamis (2/3/2023).

Sehingga menurutnya, dapat menjadi angkutan umum yang pelayanannya dekat dan bermanfaat bagi semua kalangan masyarakat di Surabaya.

Dalam seremoni peresmian angkutan tersebut, diluncurkan sebanyak 52 unit angkutan umum, terdiri dari dua jenis yaitu sebanyak 14 unit dengan kapasitas 14 penumpang dan sebanyak 38 unit dengan kapasitas 10 penumpang.

Sedangkan, jalur beroperasinya angkutan feeder ini, ada sebanyak lima rute, yakni Terminal Benowo-Tunjungan, PNR Mayjend Sungkono-Embong Wungu, Terminal Intermoda Joyoboyo- Kedung Asem, Penjaringan Sari- Gunung Anyar dan Puspa Raya-HR. Muhammad.

“Selain itu, fasilitas yang ditawarkan dalam angkutan umum itu, yakni terdapat AC, CCTV, kemudian tempat duduk khusus untuk anak-anak, perempuan, laki-laki, dan lansia,” ucapnya.

Lebih lanjut, tarif untuk angkutan feeder itu yakni sebesar Rp5000, sedangkan untuk anak sekolah sebesar Rp2500 dan khusus untuk lansia gratis. Dan waktu beroperasinya, yakni dimulai pada pukul 05.30 hingga 21.30 WIB.

Sementara itu, Eri Cahyadi Wali kota Surabaya menyatakan, peluncuran angkutan feeder itu juga bagian dari upaya untuk memberikan pelayanan angkutan umum yang merata di Surabaya.

“Kita mencoba di ujung-ujung Surabaya ini dapat menggunakan transportasi massal, agar tidak hanya di tengah kota saja,” ucapnya.

Ia berharap, dengan angkutan feeder tersebut, dapat berguna bagi seluruh masyarakat Surabaya dalam bepergian, sekaligus dapat mengurangi kemacetan di Surabaya.

“Dengan peresmian feeder ini mohon doanya agar ini bermanfaat bagi warga Kota Surabaya, karena ini perjuangan yang kami lakukan dengan DPRD Kota Surabaya hanya satu untuk mengurangi macet. Jadi harus dipertahankan,” pungkasnya.(ris/abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
30o
Kurs