Sabtu, 4 Mei 2024

Antrean Pembagian BLT Surabaya Membeludak di Kantor Pos, Pemkot Janji Sinergi Evaluasi Periode Berikutnya

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Anna Fajriatin Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya, Rabu (10/5/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Antrean pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Kantor Pos Pusat Kebonrojo Surabaya dan sejumlah kantor pos cabang membeludak di hari terakhir, Rabu (10/5/2023). Demi memecah antrean, penyaluran langsung dipindah ke tiap kantor kecamatan.

Anna Fajriatin Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya menyebut, 27 ribu antrean menumpuk di Kantor Pos Pusat Kebonrojo hari ini.

“Jadi ada jadwal tanggal 6 Mei gak hadir semua. Misalnya seribu cuma datang 200, terus dijadwalkan 17 ribu ternyata cuma 11 ribu. Jadi masih ada sisa kuota. Sisa semuanya, numpuk ditanggal 10. Tapi ya mungkin masyarakat juga ada kesibukan tidak bisa ambil sesuai jadwal,” terangnya, ditemui suarasurabaya.net di Kantor Kecamatan Genteng, Rabu (10/5/2023).

Sementara total penerima BLT di Surabaya ada 50 ribuan warga. Untuk menuntaskan pembagian seluruhnya hari ini, penyaluran mendadak dipindah di masing-masing kecamatan.

“Salah satunya itu (penyebab penumpukan karena pengambilan tidak sesuai jadwal yang ditentukan kantor pos). Kewenangan pembagian ada di kantor pos, Pemkot supporting. Tapi kita mencari yang terbaik yaitu disebar ke kecamatan,” imbuhnya lagi.

Pemindahan dadakan pembagian BLT Surabaya dari kantor pos ke tiap kecamatan, disosialisasikan dengan kertas pemberitahuan yang dibawa petugas, Rabu (10/5/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Ke depan, sambungnya, Pemkot dan kantor pos akan mengevaluasi pembagian BLT periode berikutnya, agar tidak terjadi antrean serupa.

“Kita akan sinergi dan evaluasi dengan kantor pos ke depan, apakah di kecamatan dan kantor pos cabang. Sebetulnya sudah begitu. Karena detilnya saya sudah disampaikan batas waktunya hari ini. Ternyata masyarakat langsung nyerbu (dihari terakhir),” tandasnya.

Diketahui, penyaluran program dana bantuan sosial program sembako triwulan satu atau periode Januari-Maret 2023 itu dibagikan mulai Sabtu (6/5/2023) dan terakhir Rabu (9/5/2023) hari ini.

Pantauan suarasurabaya.net di halaman Kantor Pos Pusat Kebonrojo siang ini tak lagi ada antrean membeludak. Namun, sejumlah penerima mengaku belum tahu jika penyaluran dipindah ke kecamatan. Terlihat satu petugas menempel kertas bertuliskan pemberitahuan pemindahan penyaluran BLT ke tembok depan kantor hingga berdiri menghalau warga penerima yang masuk.

“Saya gak tahu, tadi pagi dapat surat pemberitahuan terus suruh ambil siang ini sebelum jam satu di Kantor Pos Kebonrojo, ternyata sekarang dipindah,” kata Astri warga Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir. (lta/ihz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
32o
Kurs