Senin, 29 April 2024

Antusiasme Pendonor Darah Suara Surabaya Healthy Festival Bantu Sumbang Stok untuk PMI

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Pendonor darah di Suara Surabaya Healthy Festival, Kamis (28/12/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net Pendonor darah di Suara Surabaya Healthy Festival, Kamis (28/12/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Ratusan pendonor darah antusias mengikuti kegiatan Suara Surabaya Healthy Festival di Suara Surabaya Centre (SSC) Jalan Raya Bukit Darmo no. 22-24 Surabaya, Kamis (28/12/2023).

Pantauan suarasurabaya.net mereka sudah antre menunggu giliran donor sejak pertama dibuka mulai pukul 10.00 WIB. Tampak pendonor lain terus berdatangan, karena total ada 200 kuota hari ini yang dibuka maksimal sampai pukul 19.00 WIB.

Totok Sudarto Dewan Kehormatan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya dan Penggerak Donor Darah Sukarela menyebut, Suara Surabaya instansi terakhir di tahun ini yang menggenapi stok darah PMI dari kegiatan donor darah.

“Ada 117 tempat tahun ini yang menggelar donor darah, sementara terkumpul 16.500 kantong darah. Tahun lalu 18.000 kantong darah,” kata Totok, Kamis (28/12/2023).

Pendonor darah Suara Surabaya Healthy Festival terus berdatangan, Kamis (28/12/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Menurutnya, kontribusi instansi untuk menggelar kegiatan donor darah sangat berarti untuk menambah stok darah di kantor UDD PMI Surabaya.

“Seharusnya gak ada kurang karena di PMI bisa 200-300 kantong sehari kita hanya menambahi jemput bola ke tempat-tempat yang mereka gak ada waktu ke PMI, karena pendonor halangan atau repot,” bebernya.

Ia berharap Suara Surabaya Media bisa memantik instansi lain menggelar kegiatan serupa.

“Kalau 17 tahun lalu orang menganggap untuk memberi, membantu sesama, tapi setelah itu belakangan berjalan waktu, mereka lebih tahu mereka selamat kita sehat,” katanya.

Menurutnya, untuk menambah stok darah tidak bisa hanya mengandalkan pendonor yang datang ke kantor PMI.

“(Tahun ini jumlahnya) turun dari tahun lalu, karena lebih banyak ikut yang menggerakkan mereka lebih mau,” tambahnya.

Sejumlah pendonor darah di Suara Surabaya Healthy Festival, Kamis (28/12/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Sementara itu, Farchan, salah satu pendonor darah yang antuasias ikut donor darah di Suara Surabaya Centre mengatakan mendapatkan banyak manfaat positif dari donor darah.

“Saya tertarik karena sebelumnya nggak pernah melakukan donor darah dan kebetulan saya melihat di Instagram ternyata SS membuka donor darah. Selain itu, saya juga ingin tubuhnya menjadi lebih sehat karena banyak manfaat positif dari kegiatan ikut donor darah,” ujar Farchan salah satu pendonor kepada suarasurabaya.net.

Hal senada disampaikan Steven, seorang mahasiswa yang mengetahui kegiatan donor darah ini waktu mendengarkan Radio Suara Surabaya di mobil. Dia mengaku donor darah baru yang kedua kalinya.

“Jadi dulu waktu saya SMP mau Unas itu kena demam berdarah, jadi kehilangan darah banyak. Istilahnya butuh darah baru yang lebih sehat, berhubung SMA kurang kesempatan donor akhirnya pas kuliah ini. Donor aja pokoknya biar tambah mantab, sehat,” ucapnya.

Mohammad Zainal Arifin, pendonor lain mengakui dirinya dulu memang rutin tiga bulan sekali mendonorkan darahnya. Tapi ketika dirinya keluar dari pekerjaan, jarang mendonor.

“Alhamdulillah akhirnya kami bisa hadir di Suara Surabaya dengan Healty Festival ini untuk mendonorkan darah. Semoga darah kita bermanfaat untuk teman-teman yang membutuhkan,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Suara Surabaya Healthy Festival digelar mulai Rabu (27/12/2023) dengan khitan massal 100 anak, kemudian Kamis (28/12/2023) kegiatan donor darah, sementara pada Jumat (29/12/2023) besok Pound Fit dua sesi pukul 19.00-20.00 WIB dan 20.00-21.00 WIB. Sedangkan medical checkup digelar selama tiga hari tersebut. (lta/ath/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs