Jumat, 29 Maret 2024

AS Akhiri Deklarasi Darurat Covid-19 Pada 11 Mei Mendatang

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Gedung Putih (White House) Foto: Protocol/Getty Images

Pemerintah Amerika Serikat (AS), Senin (30/1/2023), mengumumkan rencana Presiden Joe Biden untuk mengakhiri darurat kesehatan masyarakat (PHE) Covid-19 pada 11 Mei 2023 mendatang, setelah hampir 3 tahun memberlakukan langkah-langkah untuk mengekang penyebaran virus Covid-19.

Darurat nasional dan PHE Covid-19 diumumkan oleh Presiden Donald Trump pada 2020. Saat ini, kondisi darurat itu akan berakhir masing-masing pada 1 Maret dan 11 April.

Rencana pemerintahan Biden ialah memperpanjang kedua deklarasi darurat itu hingga 11 Mei dan mengakhiri keduanya pada tanggal serupa, demikian menurut pernyataan Gedung Putih seperti yang dilansir Antara.

Pernyataan tersebut muncul guna menentang dua rancangan undang-undang (RUU) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS yang akan mengakhiri kedua deklarasi darurat itu lebih cepat.

PHE dan darurat nasional telah memungkinkan rumah sakit di AS merespons lebih fleksibel ketika menghadapi lonjakan pasien saat terjadi lonjakan kasus Covid-19.

Menurut Reuters, pemerintah AS telah mengeluarkan biaya untuk vaksin Covid-19, beberapa tes dan perawatan tertentu berdasarkan deklarasi PHE. Ketika deklarasi darurat kadaluwarsa, biaya tersebut akan dialihkan ke asuransi swasta dan rencana kesehatan pemerintah.

Mengakhiri deklarasi darurat tersebut dapat berimplikasi pada pendanaan untuk tes dan vaksin, serta berdampak pada sejumlah kebijakan terkait pandemi lainnya, menurut laporan National Public Radio (NPR).(ant/ihz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs