Rabu, 28 Februari 2024

AS: Gencatan Senjata Saat Ini Hanya Akan Untungkan Hamas

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tentara Israel dengan kendaraan lapis baja berkumpul di lokasi yang dirahasiakan dekat perbatasan dengan Gaza pada 21 Oktober. Foto: EPA-EFE

Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa gencatan senjata dalam konflik Israel di Palestina untuk saat ini hanya akan menguntungkan kelompok perlawanan Hamas.

“Gencatan senjata saat ini hanya menguntungkan Hamas,” kata John Kirby Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional (NSC) AS kepada media, Selasa (24/10/2023).

Seperti dilansir Antara dari laman resmi Gedung Putih, Kirby menyampaikan pernyataan itu saat menanggapi pertanyaan dari media terkait kemungkinan pembebasan sandera, perlucutan senjata dan konferensi internasional terkait penyelesaian konflik.

Kirby mengakui memang tak bisa berspekulasi tentang kemungkinan-kemungkinan tersebut. Tapi dia memastikan dukungan AS untuk Israel untuk mempertahankan diri dalam konflik tersebut.

“Kami akan terus memastikan bahwa Israel memiliki peralatan dan kemampuan yang mereka butuhkan untuk mempertahankan diri,” katanya.

AS sendiri, lanjut dia, akan terus mencoba mengirimkan bantuan kemanusiaan dan mencoba mengeluarkan sandera dan orang-orang dari Gaza.

Ketika ditanya tentang kemungkinan skenario lain yang bisa diambil untuk mencegah atau menghentikan perang yang saat ini masih berlangsung, Kirby mengatakan bahwa perang saat ini sudah terlanjur terjadi antara Israel dan Hamas.

Namun, terkait kemungkinan untuk menghentikan serangan darat dari Israel, ia mengatakan bahwa kemungkinan opsi itu ada di tangan pasukan pertahanan Israel.

“Mereka yang dapat mengambil keputusan tentang operasi apa yang akan mereka lakukan,” katanya.

Namun demikian, Kirby kembali menekankan bahwa jika gencatan senjata dilakukan saat ini, hal itu hanya akan menguntungkan Hamas. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Rabu, 28 Februari 2024
26o
Kurs