Jumat, 10 Mei 2024

ASN Pemkot Surabaya Diminta Pakai Produk UMKM di Tengah Sorotan Gaya Hidup Mewah

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya. Foto: Meilita suarasurabaya.net

Di tengah publik sedang menyoroti pejabat negara yang bergaya hedon, Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Surabaya digiring menggunakan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, momen ini sekaligus memberi contoh masyarakat agar mau membeli produk lokal, harus diawali dari pemerintah.

“Di Surabaya, saya selalu mengajarkan saya diajarkan juga, pemimpin (harus) jadi pelayan umat. Senang atau susah. Ketika masyarakat membutuhkan (dengan) jadi UMKM, ya kita harus pakai produk UMKM. Biasanya kita (meminta masyarakat) menggunakan UMKM-UMKM tapi pejabat tidak pakai. Saya bilang ke (setiap) kepala dinas, kalau saya pakai UMKM kok kamu tidak,” kata Eri, Senin (13/3/2023).

Meski menurutnya, pemerintah sudah mulai membiasakan bergantung pada produk UMKM. Misalnya pakaian batik sehari-hari.

Semakin banyaknya konsumen pengguna produk, menurutnya turut mendorong kemajuan UMKM menjadi lebih baik.

“Kalau bilang, modelnya (produk UMKM) sedikit, ya yang salah pemerintah. (Menggunakan produk UMKM) itu menunjukkan kesederhanaan. Jadi kita sama dengan masyarakat,” imbuhnya.

Pemkot akan membiayai desainer produk untuk berkolaborasi dengan UMKM demi menciptakan desain-desain sesuai kebutuhan pasar.

“Pemerintah harus tahu, sepatu, baju, seperti apa yang dibutuhkan konsumen. Saya minta gunakan desainer yang dibayari pemerintah. Untuk sepatu, tidak bisa UMKM naik tinggi tanpa proses. Surabaya ini anggaran perputaran untuk UMKM 1,2 triliun, terbesar di Indonesia, nanti insya Allah tahun ini kan jd 3 triliun,” tandasnya. (lta/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs