Jumat, 14 Juni 2024

Atasi Banjir, Pemkab Sidoarjo Akan Buat Sudetan Baru di Empat Desa Tanggulangin

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo saat mengecek rumah pompa di Kecamatan Tanggulangin, Kamis (23/2/2022). Foto: Humas Pemkab Sidoarjo

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo berencana untuk menambah empat sudetan baru di Kecamatan Tanggulangin, tepatnya di Desa Kalidawir, Desa Kedungbanteng, Desa Banjarpanji serta Desa Banjarasri.

Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo mengatakan, upaya ini dilakukan karena berbagai usaha mulai pengurukan tanah sampai pemasangan rumah pompa air serta pembuatan sudetan pembuangan air banjir telah dilakukan, namun belum maksimal. Banjir tetap mengenangi empat desa tersebut meski tidak separah sebelumnya.

“Tadi diskusi sedikit bagaimana membuat satu sudetan baru, jalur pelarian air banjir yang baru, termasuk rencana pengadaan tanah untuk membuat sudetan baru ini,” kata Bupati yang akrab disapa Gus Muhdlor ini pada Kamis (23/2/2023).

Gus Muhdlor mengatakan sudetan yang telah dibuat dirasa belum maksimal, karena masih belum mampu menampung air hujan dengan intensitas hujan yang tinggi. Ditambah penurunan tanah yang terus terjadi.

Ia menambahkan, pengoperasian pompa air penyedot air banjir terus dimaksimalkan. Rumah pompa di empat titik telah dijalankan selama 24 jam. Meski beberapa hari lalu sempat dimatikan karena air sungai sudah hampir meluber. Sungai tersebut tidak dapat lagi menampung air pembuangan dari rumah pompa. Oleh karenanya pembuatan sudetan baru menjadi rencana selanjutnya.

“Pompa sudah jalan semua, tetapi curah hujan yang sangat tinggi dan posisi sungai sudah setara dengan tanggul dan ini menjadi evaluasi kita untuk mengambil kebijakan apa, terobosan apa yang harus diambil untuk menyelesaikan banjir ini,” ucapnya.(dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 14 Juni 2024
28o
Kurs