Rabu, 24 April 2024

Australia Wajibkan Tes Covid-19 Pengunjung dari China

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi tes swab Covid-19. Grafis: suarasurabaya.net

Australia akan memberlakukan syarat hasil negatif tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan dari China mulai 5 Januari 2023, mengikuti langkah sejumlah negara lain.

Mark Butler Menteri Kesehatan Australia pada Minggu (1/1/2023) mengatakan, pihaknya mengambil langkah tersebut akibat kurangnya informasi epidemiologi dan data pengurutan genom dari China.

Kalau peraturan itu sudah diterapkan, para pelaku perjalanan dari China akan diminta menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 yang dilakukan dalam 48 jam keberangkatan.

Persyaratan itu juga diberlakukan kepada pengunjung dari Hong Kong dan Makau.

Pemerintah Australia pun mempertimbangkan aturan tambahan, seperti uji limbah pesawat dan uji sampel sukarela di bandara saat kedatangan, kata Butler dalam jumpa pers.

“Saya ingin tekankan bahwa pemerintah menyambut baik dibukanya kembali perjalanan antara Australia dan China. Saya juga ingin menekankan tindakan ini bersifat sementara, yang mencerminkan kurangnya informasi komprehensif saat ini tentang situasi di China,” kata Butler seperti dikutip dari Antara.

Seperti diketahui, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali mendesak otoritas kesehatan China secara rutin membagi informasi spesifik dan seketika tentang situasi Covid-19 di negaranya.

China tengah menghadapi lonjakan kasus penyakit yang disebabkan oleh Virus Corona jenis baru.(ant/dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs