Senin, 29 April 2024

Bandara Juanda Beroperasi 24 Jam Khusus Penerbangan Haji

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Jemaah Haji kloter satu waktu mengantre masuk ke dalam pesawat Boeing 747 Saudi Arabia Airlines, Rabu (24/5/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo Jawa Timur (Jatim) beroperasi selama 24 jam selama kegiatan musim haji tahun 2023, demi memberikan layanan maksimal kepada jamaah calon haji.

Sisyani Jaffar General Manager Bandar Udara Internasional Juanda di Sidoarjo, Rabu (24/5/2023) mengatakan, operasional 24 jam itu khusus penerbangan haji.

“Jika sedang tidak ada penerbangan haji kami beroperasi 16 jam dari pukul 05.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB, karena masih ada pekerjaan yang dikerjakan setelah jam operasional. Sementara untuk parking stand kami alokasikan sebanyak enam parking stand untuk parkir pesawat haji,” ucapnya seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan, pihaknya juga mengantisipasi jika ada beberapa jadwal keberangkatan haji yang bersamaan dengan penerbangan reguler.

“Kami telah mengantisipasi dengan memanfaatkan secara maksimal waktu dan mengatur slot parkir pesawat agar tidak berdampak pada operasional bandara,“ tuturnya.

Saat ini, kata dia, kelompok terbang (kloter) pertama jemaah calon haji 1444 H / 2023 Jawa Timur mulai diberangkatkan dari Bandar Udara Internasional Juanda pada hari ini.

Pesawat yang digunakan, yakni Saudi Arabia Airlines dengan nomor penerbangan SV5079. Total ada sejumlah 445 jemaah yang berasal dari Kabupaten Bangkalan, Madura beserta lima orang pendamping berangkat dari Bandara Internasional Juanda menuju Bandara Internasional Pangeran Mohammad Bin Abdul Aziz, Madinah pada pukul 09.15 WIB.

Ia menjelaskan, jumlah keseluruhan jamaah haji yang akan diberangkatkan dari Bandar Udara Internasional Juanda sebanyak 36.938 orang yang akan dibagi dalam 84 kloter penerbangan.

“Untuk jadwal keberangkatan atau embarkasi dimulai tanggal 24 Mei hingga 22 Juni 2023 sedangkan kepulangan atau debarkasi dimulai pada 4 Juli hingga 3 Agustus 2023,” ujarnya.

Adapun seluruh layanan penerbangan haji dari Jawa Timur dilayani oleh Saudi Arabia Airlines menggunakan pesawat berbadan lebar Boeing 747-400 yang berkapasitas 450 penumpang.

Pada kloter pertama, lanjut dia, seluruh jemaah bergerak dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya menuju Bandar Udara Internasional Juanda menggunakan 11 armada bus.

“Jemaah dengan kondisi memerlukan bantuan kursi roda turun terlebih dahulu untuk mendapatkan asistensi dari para petugas ground handling yang membantu hingga jemaah masuk ke pesawat menggunakan invalid passenger lift yang telah disediakan,” katanya. (ant/bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs