Senin, 29 April 2024

Banjir Bandang di Bondowoso Kembali Terjadi Akibat Saluran Air Tersumbat

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Tangkapan layar video banjir yang kembali melanda Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur sore tadi, Jumat (17/2/2023). Foto: Istimewa

Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso Jawa Timur kembali diterjang banjir bandang hari ini. Sriyono Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jatim, mengatakan banjir luapan itu terjadi pukul 14.30 WIB tadi.

“Banjir luapan terjadi karena saluran air yang tersumbat oleh material kayu dari atas sehingga air meluap ke jalan,” kata Sriyono, Jumat (17/2/2023).

Berdasarkan keterangan dari BPBD, banjir luapan itu mengalir cukup deras dengan membawa material kayu, ranting dan lumpur.

Meski banjir kembali meluap namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Sedangkan untuk material kayu berhasil di evakuasi dari saluran sehingga aliran air kembali lancar dan tidak menyumbat.

Kata Sriyono, petugas telah melakukan asesmen dan membersihkan material kayu yang menyumbat saluran air. Meski upaya itu sempat terkendala cuaca Bondowoso yang mendung.

“Saluran air sudah lancar kembali dan tidak ada luapan air yang mengarah ke jalan lagi,” tambahnya.

Sebagai informasi, Kecamatan Ijen sebelumnya sudah menerjang pada Minggu (12/2/2023) lalu. Banjir di hari itu akibat intensitas hujan yang tinggi sejak pagi hingga sore hari.

Akibat banjir di hari Minggu itu, pemukiman warga di sejumlah desa dilaporkan rusak imbas material kayu dan lumpur yang terbawa banjir.

Gatot Soebroto Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim mengatakan ada dua desa terdampak banjir bandang, yakni Desa Sempol dan Desa Kalisat.

Terkait dampak banjir itu, Gatot menuturkan ada 54 rumah di Dusun Kampung Baru terdampak. Kemudian sebanyak 23 rumah di Dusun Sumberayu Rumah rusak, dan 2 rumah di Dusun Taman Kembar turut terimbas.

Selain itu, dua unit sekolah, satu kamar mandi umum, dan satu musala juga dilaporkan mengalami kerusakan.

Sedangkan di Desa Sempol ada 16 rumah terdampak. Sebanyak 10 rumah di Dusun Sempol dan 6 rumah di Dusun Pesanggrahan, dua rumah dan satu kantor KUA dilaporkan rusak.

“Tak ada korban jiwa dari kejadian itu. Dan ratusan warga mengungsi di beberapa titik,” jelas Gatot.(wld/iss/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs