Jumat, 29 Maret 2024

Gubernur Jatim Turun Langsung Cek Penanganan Banjir Bandang di Bondowoso

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim didampingi Pangadam V Brawijaya dan Kapolda Jatim di loaksi banjir Desa Kalisat, kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso. Senin (13/2/2023). Foto: Antara

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur, turun langsung ke lokasi bencana banjir bandang yang menerjang dua desa di Kecamatan Ijen, Bondowoso, untuk memastikan proses tanggap darurat bencana tertangani dengan baik, Senin (13/2/2023).

Kedatangan Khofifah ke lokasi bencana banjir bandang di Desa Sempol dan Kalisat, didampingi Mayor Jenderal TNI Farid Makruf Pangdam V Brawijaya dan Irjen Pol Toni Hermanto Kapolda Jawa Timur.

“Saya hadir bersama Pak Pangdam dan Pak Kapolda untuk memastikan bahwa proses tanggap darurat ini bisa dilakukan dengan baik,” ujar Khofifah, melansir dari Antara.

Gubernur meminta, agar proses pengungsian dapat berjalan aman dan tertata serta memperhatikan masyarakat yang mengungsi terpenuhi kebutuhan dasarnya.

“Prosedur penanganan harus kami pastikan sesuai dengan standar keamanan ketika ada bencana dan proses pengungsian harus tertata, selanjutnya butuh percepatan relokasi masa rekonstruksi nanti,” kata mantan Menteri Sosial itu.

Khofifah juga mengingatkan, untuk harus teliti dan memastikan agar pasokan logistik memadai bagi warga terdampak banjir bandang yang menerjang 95 rumah warga dua desa di lereng Gunung Ijen itu.

Ia juga memastikan Dinas Sosial Pemprov Jatim beserta BPBD Jatim telah turun dan bekerja sama dengan Dinsos dan BPBD Kabupaten Bondowoso, termasuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Pastikan logistik untuk warga terdampak sudah terlayani dengan baik. Ada dapur umum yang sudah disiapkan oleh Dinsos Jatim dan BPBD Jatim juga dari kabupaten. Pelayanan kesehatan juga penting, saya datang kesini bersama Dinas Kesehatan, dari Polda Jatim dan Kodam V Brawijaya juga bersama-sama hadir,” kata Khofifah Indar Parawansa.

Mayjen TNI Farid Makruf Pangdam V Brawijaya, menyatakan kesiapannya untuk senantiasa turun tangan dalam penanganan bencana dan mengimbau masyarakat untuk selalu bahu membahu dalam membantu prosesnya.

“Kami dari TNI dan Polri sangat siap membantu menangani bencana ini, apalagi akibat lumpur yang turun dari atas. Saya harap masyarakat juga kompak dalam penanganan ini. Kami mewakili pemerintah memastikan bahwa bantuan untuk diberikan pada masyarakat sudah kami siapkan,” katanya.

Irjen Pol Toni Harmanto Kapolda Jatim juga bersyukur atas laporan cepat dan sigap masyarakat dalam merespons bencana banjir bandang di lereng Gunung Ijen, sehingga kerusakan lebih lanjut dapat diminimalisasi.

“Kami bersyukur masyarakat secara cepat merespons bencana yang terjadi, sehingga semua dapat ditangani dengan sigap dan baik,” katanya.(ant/abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs