Sabtu, 20 April 2024

Banjir Rob Diprakirakan Melanda Sejumlah Daerah hingga Awal Desember

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Arsip Foto - Spanduk aksi Global Climate Strike dibentangkan perkampungan yang terdampak banjir rob di Desa Timbulsloko, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah, Sabtu (16/9/2023). Foto : Antara

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut banjir pesisir atau rob berpeluang melanda sejumlah daerah hingga awal Desember 2023.

Guswanto Deputi Bidang Meteorologi BMKG mengatakan, peningkatan tinggi pasang air laut maksimum akibat fenomena perigee, yang terjadi saat bulan berada di titik terdekat dengan bumi, berisiko menimbulkan banjir rob.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut,” katanya dilansir Antara pada Minggu (26/11/2023).

Berdasarkan pantauan tinggi level air dan prediksi pasang surut, ia menjelaskan, banjir rob berpeluang terjadi di daerah pesisir Sumatera Utara seperti Medan Belawan, Medan Marelan, dan Medan Labuhan dari 23 November sampai 1 Desember 2023.

Selain itu, banjir rob berpeluang melanda daerah pesisir Bandar Lampung dari 27 November sampai 1 Desember 2023, daerah pesisir barat dan selatan Banten dari 26 sampai 30 November 2023, dan daerah pesisir utara Jakarta dari 26 November sampai 2 Desember 2023.

Daerah pesisir Jawa Tengah seperti Kota Semarang, Kabupaten Demak, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Brebes, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang menurut BMKG menghadapi potensi banjir rob dari 1 sampai 23 November 2023.

Sementara itu, di daerah pesisir Maluku seperti Teluk Ambon, Saumlaki, Kepulauan Kai, Kepulauan Dobo, dan Kabupaten Seram bagian timur, banjir rob berpeluang terjadi dari 25 sampai 30 November 2023.

Guswanto mengatakan bahwa banjir rob dapat mengganggu kegiatan bongkar muat barang di pelabuhan, usaha tambak garam dan perikanan darat, serta aktivitas sehari-hari warga daerah pesisir. (ant/and/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
26o
Kurs