Minggu, 28 April 2024

Bantuan Kemanusiaan Tahap Ketiga dari Pemerintah Indonesia Mendarat di Turki

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Muhadjir Effendy Menko PMK memberikan keterangan di Bandar Udara Adana Şakirpaşa, Turki, Rabu (22/2/2023). Foto: istimew

Bantuan kemanusiaan tahap ketiga dari Pemerintah Indonesia untuk korban gempa Turki yang diangkut dengan dua unit Pesawat Garuda Indonesia, hari ini, Rabu (22/2/2023), tiba di Bandar Udara Adana Şakirpaşa, Turki.

Muhadjir Effendy Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) yang memimpin rombongan mengatakan, Pemerintah Indonesia akan terus memberikan dukungan kepada Turki dalam berbagai bentuk, baik personel mau pun logistik.

Dalam keterangan pers, Muhadjir bilang Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Turki sedang mendiskusikan langkah-langkah berikutnya sesudah masa darurat bencana.

“Indonesia terus memberikan dukungan, memberikan bantuan, baik yang berupa personel, yang sudah kerja di sini baik itu tim untuk pencari dan untuk menemukan korban, juga tim tenaga medis yang menangani kedaruratan. Kami juga kirim berbagai macam bantuan, baik bantuan yang berupa logistik mau pun peralatan-peralatan yang dibutuhkan para korban,” ujarnya.

Dia menegaskan, Indonesia akan membantu Turki pada masa rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa.

“Kita juga berdoa mudah-mudahan seluruh Rakyat dan Pemerintah Turki bisa segera bangkit kembali dan menjadi lebih kuat dari yang sebelumnya,” harapnya.

Di Bandara Adana, Menko PMK juga sempat berbincang dengan Warga Negara Indonesia (WNI) yang selamat dari bencana gempa Turki.

Kemudian, Muhadjir menyalatkan dua jenazah WNI yang meninggal dunia akibat gempa Turki, sebelum dibawa pulang ke Indonesia.

Pada kesempatan itu, Murat Salim Esenli Anggota Dewan Penasihat Kebijakan Luar Negeri Turki menyambut baik bantuan kemanusiaan dan kedatangan perwakilan Pemerintah Indonesia.

Menurutnya, berbagai bentuk dukungan dari Indonesia merupakan bukti ikatan kuat antara kedua negara.

Seperti diketahui, kemarin, Selasa (21/2/2023), Joko Widodo Presiden RI melepas keberangkatan empat pesawat berisi bantuan kemanusiaan, dua menuju Turki dan dua menuju Suriah, dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Sebanyak 140 ton bantuan berupa makanan, pakaian, dan peralatan logistik dikirim untuk membantu meringankan beban korban gempa berkekuatan 7,8 Magnitudo yang mengguncang Turki dan Suriah tanggal 6 Februari 2023.(rid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs