Minggu, 26 Mei 2024

Banyak yang Baru Menjabat, RT/RW di Surabaya Perlu Infografis untuk Permudah Layanan

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Josiah Michael Anggota Komisi A DPRD Kota Surabaya. Foto: tangkapan layar Instagram josiahmichael.id

Guna mempermudah layanan masyarakat di tingkat kelurahan, Josiah Michael Anggota Komisi A DPRD Kota Surabaya mendorong supaya tingkatan RT/RW perlu membuat infografis layanan.

Menurut Josiah saat ini banyak Ketua RT/RW yang baru menjabat, sehingga alur layanan belum sepenuhnya dimengerti oleh mereka. Kata dia, beberapa masyarakat ada yang dirugikan dari ketidakpahaman layanan ini.

Apalagi kemudahan layanan itu merupakan instruksi dari Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya. Oleh sebab itu infografis layanan perlu dibuat guna mempermudah RT/RW baru untuk melayani masyarakat.

“Untuk mewujudkan pelayanan yang baik perlu dilakukan standarisasi pelayanan, mukai dari tingkat RT/RW, Kelurahan hingga Kecamatan. Apalagi mereka lah yang menjadi garda terdepan dalam penyelesaian masalah warga,” ujar Josiah Michael, Selasa (21/2/2023).

Josiah melanjutkan, saat ini juknis bagi RT/RW, kelurahan, dan kecamatan merupakan Peraturan Wali Kota (Perwali). Menurutnya ini kurang efektif, karena tidak semua orang paham bahasa hukum dalam Perwali.

Politisi asal PSI itu berharap, dengan Pemerintah Kota menerbitkan infografis layanan maka alur pelayanan di masyarakat bisa dilakukan dan dipahami dengan mudah oleh RT/RW.

“Pemerintahan bisa menerbitkan infografis yang sederhana dan mudah dipahami,” katanya.

Kata Josiah, selama ini layanan di tingkatan RT/RW hingga kelurahan tidak ada standarisasinya. Pelayanan pun menyesuaikan dengan masing-masing pemimpinnya.

Selain itu, nantinya infografis layanan tersebut bisa ditempel di papan pengumuman di Kelurahan. Apabila masyarakat merasa alur layanan tidak sesuai, maka bisa melakukan pengaduan.

“Jangan sampai warga diping-pong, harus bolak balik. Sekarang kan banyak kasus seperti itu. Nah diharapkan dengan adanya infografis, hal itu tidak terjadi lagi, gampang kok bikinnya itu,” ujarnya.(wld/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
33o
Kurs