Kamis, 18 April 2024

Barongsai dan Leang Leong Tampil Perdana di Alun-Alun Kota Surabaya

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Barongsai Sanggar Tari Lima Naga meriahkan pentas seni dan budaya dalam rangka Tahun Baru Imlek di Alun-Alun Surabaya, pada Sabtu (21/1/2023). Foto: Abdi suarasurabaya.net

Atraksi Barongsai dan Leang Leong ditampilkan bersamaan untuk pertama kalinya di Alun-Alun Kota Surabaya sebagai bentuk penyambutan tahun baru Imlek.

Hal itu dikatakan oleh Rina Wahyuni Sub Koordinator Pengembangan Seni dan Budaya Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, pada Sabtu (21/1/2023).

“Biasanya reog dan jaranan, tahun ini ingin lebih universal, karena banyak juga saudara dari etnis China (Tionghoa) yang merayakan imlek,” ucapnya di sela-sela acara.

Ia merasa senang dengan terselenggaranya acara tersebut, menurutnya karena tidak setiap saat masyarakat dapat menyaksikan penampilan Barongsai dan Leang Leong di Alun-alun Kota Surabaya.

“Jadi, membuat masyarakat awam penasaran, karna jarang lihat langsung,” ungkapnya.

Leang Leong Sanggar Tari Lima Naga meriahkan pentas seni dan budaya dalam rangka Tahun Baru Imlek di Alun-Alun Surabaya, pada Sabtu (21/1/2023). Foto: Abdi suarasurabaya.net

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa antusias masyarakat cukup tinggi dalam menyaksikan gelaran seni budaya itu.

“Sampai ada yang menanyakan ke saya kapan penampilannya dimulai,” ujarnya.

Sementara itu, Kusendra Adhitama salah satu penonton pertunjukan barongsai di Alun-Alun Kota Surabaya, mengatakan bahwa acara tersebut cukup menarik.

“Satu momen yang menarik, barusan tadi, yang barongsainya ngasih-ngasih uang, itu kita bisa ngeliat barongsainya secara dekat,” ucapnya.

Sebagai diketahui, pertunjukan seni dan budaya lainnya juga akan digaungkan oleh Disbudporapar ke depannya, rencananya pada 28 Januari 2023 akan ada penampilan Musik Angklung mulai pukul 15.00 WIB sampai 17.00 WIB di Plaza Timur Alun-Alun Surabaya

Selain itu, pada 29 Januari 2023, juga akan ada penampilan Srimulat di Gedung Balai Budaya mulai pukul 19.00 sampai 21.00 WIB. Ia menyampaikan, dalam acara itu, masyarakat bisa hadir menyaksikan secara gratis.(abd/ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
29o
Kurs