Jumat, 3 Mei 2024

Bawa Dua Sampel, Tim Labfor Butuh Waktu 10 Hari Selidiki Penyebab Kebakaran Malang Plaza

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Tim Labfor Polda Jatim saat mendatangi Malang Plaza untuk mencari penyebab kebakaran, Kamis (4/5/2023). Foto: Oky City Guide FM

Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur, kembali mendatangi lokasi kebakaran Malang Plaza, Jalan KH Agus Salim, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Kamis (4/5/2023).

Tim yang dipimpin Kombes Pol Joko Siswanto Ketua Tim Labfor itu masuk ke lokasi pada pukul 10.00 WIB dengan pengawalan ketat dari personel gabungan TNI-Polri dan Satpol PP Kota Malang.

Sekitar pukul 11.30 WIB, tim Labfor Polda Jatim pun keluar dengan membawa dua sampel. Yakni abu sisa kebakaran dan sebuah kabel.

Joko Siswanto mengatakan, barang-barang tersebut diambil dari kawasan lantai 1, 2 dan 3 di gedung Malang Plaza. Selanjutnya, barang itu akan dilakukan pengecekan di lab untuk arsennya dengan alat CGMS (Gas Cromatography and Mass Spectroscopy).

“Arang dan abu kita ambil komplet dari lantai 1, 2 dan 3. Kita cari rambatan api. Untuk kabel, akan kita cek terbakar dari dalam atau di luar,” ujarnya.

Tim Labfor Polda Jatim saat mendatangi Malang Plaza untuk mencari penyebab kebakaran, Kamis (4/5/2023). Foto: Oky City Guide FM

Joko menyebut, dari sampel barang tersebut selanjutnya akan diekstrak dan dibandingkan dengan lainnya. Selanjutnya dicek menggunakan alat CGMS untuk mengetahui barang-barang yang mudah terbakar. Hasilnya akan diketahui dalam beberapa hari ke depan.

“Sekitar satu minggu sampai 10 hari untuk dilakukan pemeriksaan. Sehingga bisa diketahui hasilnya,” tuturnya kepada Oky Novianton reporter City Guide FM.

Disinggung apakah pemeriksaan di lokasi sudah selesai, Joko menerangkan, itu sesuai keperluan. Artinya, jika masih merasa diperlukan data lagi, bisa saja dilakukan lagi.

“Tugas kami itu mencari titik api pertama dan mengetahui penyebab kebakaran. Kalau pemilik stand boleh masuk apa tidak, bukan ranah kami,” pungkasnya.

Sebelumnya, gedung Malang Plaza dilalap si jago merah pada Selasa dini hari, (2/5/2023) lalu. Kebakaran hebat itu melalap sebagian besar isi mal tersebut. Tidak hanya pakaian, namun juga dagangan lain mulai barang elektronik, gadget dan lainya.

Malang Plaza merupakan pusat perbelanjaan di Malang yang sudah didirikan sejak puluhan tahun lalu. Bahkan termasuk kategori plaza tertua dan melegenda di Kota Malang. Dulunya Malang Plaza terkenal sebagai sentra fashion dan pusat perbelanjaan utama di pusat kota.(dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs