Minggu, 26 Mei 2024

Baznas Luncurkan Program Pelatihan untuk Pengajar Al Quran Bahasa Isyarat

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Noor Achmad Ketua Baznas RI dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Baznas 2023. Foto: Antara

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan program Training of Trainer (TOT) untuk 1.000 pengajar Al Quran bahasa isyarat.

“Kami meluncurkan program TOT bagi para pengajar yang akan mengajari bahasa isyarat membaca Al Quran,” ujar Noor Achmad Ketua Baznas RI dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Baznas 2023, di Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Dilansir Antara, Noor mengatakan kelompok disabilitas perlu mendapatkan kesempatan yang sama dalam menjalani kehidupannya sehari-hari. Termasuk, belajar membaca Al Quran lewat bahasa isyarat.

“Tujuannya agar disabilitas tuli, yang jumlahnya lebih dari 2,5 juta orang ini, bisa membaca Al Quran dengan bahasa isyarat,” kata dia.

Nantinya, selain meluncurkan pengajar Al Quran bahasa isyarat, Baznas juga akan memperbanyak mushaf Al Quran bahasa isyarat yang diproduksi Lajnah Pentashihan Mushaf Al Quran (LPMQ) Balitbang Diklat Kemenag.

“Mushaf ini bertujuan memberikan afirmasi layanan keagamaan kepada teman-teman tuli. Mushaf ini baru pertama kali di Indonesia bahkan dunia,” katanya.

Sebelumnya, LPMQ Kemenag juga telah mengeluarkan Mushaf Al Quran Braille yang diperuntukkan bagi kelompok difabel netra.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Tuli Muslim Indonesia (ATMI) Rama Syahti mendukung program TOT pengajar Al Quran bahasa isyarat yang diluncurkan Baznss dalam kesempatan Rakornas 2023 tersebut.

Ketua Baznas itu mengatakan sangat penting untuk menyosialisasikan bahasa isyarat kepada masyarakat.

“Kami ingin Baznas, pemerintah, dan masyarakat menyadari bahwa teman-teman tuli membutuhkan akses pada bahasa isyarat,” pungkas Noor Achmad. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
29o
Kurs