Senin, 29 April 2024

Bersama Indonesia, Turki Sepakat Dukung Perjuangan Kemerdekaan Palestina

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Jokowi Presiden RI dan Recep Tayyip Erdogan Presiden Turki saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di King Abdulaziz International Convention Center (KAICC), Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11/2023). Foto: Antara/HO-Sekretariat Presiden. Jokowi Presiden RI dan Recep Tayyip Erdogan Presiden Turki saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di King Abdulaziz International Convention Center (KAICC), Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11/2023). Foto: Antara/HO-Sekretariat Presiden.

Joko Widodo (Jokowi) Presiden RI menjalin kesepakatan kerja sama dengan Recep Tayyip Erdogan Presiden Turki, dalam upaya mendukung perjuangan Bangsa Palestina meraih kemerdekaan.

Melansir Antara, Sekretariat Presiden di Jakarta pada, Minggu (12/11/2023), menginformasikan kesepakatan tersebut dijalin RI dan Turki dalam pertemuan bilateral Jokowi dengan Erdogan, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

“Serta mengingatkan dunia untuk selesaikan akar masalah, yaitu kemerdekaan Palestina berdasarkan two state solution,” ujar Jokowi Presiden di King Abdulaziz International Convention Center (KAICC), Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11/2023).

Dalam pertemuan dua kepala negara itu terjalin kesepakatan untuk terus bekerja sama menyelesaikan masalah di Gaza, dan mendukung perjuangan Bangsa Palestina, termasuk dalam mewujudkan kemerdekaan Palestina.

Selain itu, Jokowi Presiden juga menekankan OKI harus bersatu dan berada di garda depan mendesak gencatan senjata, serta menyuarakan dimulainya jeda kemanusiaan.

“Serta memastikan akses bantuan kemanusiaan yang aman, predictable, sustainable, dan menjangkau seluruh warga,” katanya.

Lebih lanjut, Jokowi Presiden menegaskan Indonesia akan menggunakan semua saluran untuk menyuarakan keadilan dan kemanusiaan bagi Bangsa Palestina, termasuk Sidang Majelis Umum PBB, Dewan HAM, dan Mahkamah Kejahatan Internasional.

Kedua pemimpin juga menyebut Turki dan Indonesia aktif untuk terus mencoba berkontribusi pada penyelesaian masalah di Gaza.

Jokowi dan Erdogan juga membahas penguatan kerja sama bilateral dan sepakat untuk mengintensifkan perundingan Indonesia-Turkey Comprehensive Economic Partnership Agreement (IT-CEPA) supaya dapat diselesaikan pada tahun 2024.(ant/feb/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs