Rabu, 1 Mei 2024

Jokowi: Indonesia dan Yordania Punya Pandangan Sama untuk Wujudkan Kemerdekaan Palestina

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI berdialog dengan Abdullah II bin Al-Hussein Raja Yordania, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), di Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11/2023). Foto: Antara/ Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden RI mengemukakan Indonesia dan Yordania memiliki pandangan yang sama dalam mewujudkan perdamaian menuju Palestina merdeka.

Pernyataan itu disampaikan Presiden dalam pertemuan bilateral dengan Abdullah II bin Al-Hussein Raja Yordania, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11/2023).

“Mendukung upaya King Abdullah mendorong perlunya terobosan politik bagi dimulainya proses perdamaian menuju kemerdekaan Palestina,” ujar Jokowi dalam keterangan lewat Sekretariat Presiden di Jakarta, Minggu (12/11/2023) yang dikutip Antara.

Kepala Negara menyebut Indonesia dan Yordania memiliki posisi yang sama dalam perjuangkan kemerdekaan Palestina, berdasarkan solusi dua negara.

Menurutnya, Yordania merupakan custodian situs suci agama Islam dan Kristen di Yerusalem. Sementara Indonesia merupakan salah satu co-sponsor Resolusi Majelis Umum PBB, yang disahkan 27 Oktober 2023 di New York.

Kepada Raja Yordania, Jokowi juga menekankan pentingnya OKI bersatu jadi bagian dari solusi dan menghasilkan langkah konkret, agar situasi di Gaza membaik.

Dia menegaskan, gencatan senjata harus segera dilakukan dan koridor kemanusiaan harus diwujudkan segera.

“Pemindahpaksaan warga Palestina harus ditolak. Akses bantuan kemanusiaan harus dipastikan aman, predictable, sustainable dan menjangkau seluruh warga,” tandasnya.(ant/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
31o
Kurs