Senin, 29 April 2024

BKKBN: Kemajuan Bangsa Bertumpu pada Kesejahteraan Keluarga

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Hasto Wardoyo Kepala BKKBN pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 Tahun 2023 di Pedhapi Gede Balai Kota Surakarta, Rabu (2/8/2023). Foto: Antara

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menilai keluarga merupakan fondasi kemajuan bangsa. Sehingga, peran setiap anggota sangat diperlukan dalam tumbuh kembang anak.

Pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 Tahun 2023 di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (2/8/2023), Hasto Wardoyo Kepala BKKBN mengatakan untuk menuju Indonesia Emas tahun 2045, seluruh pihak termasuk lingkup keluarga harus bekerja keras .

“Supaya pendapatan kita naik pesat dengan memanfaatkan bonus demografi dan arahan Presiden, penentunya adalah keluarga. Keluarga menjadi fondasi untuk kemajuan bangsa dan remaja. Itu yang akan menjadi pemimpin masa depan,” ungkapnya dilansir Antara.

Lebih lanjut, Hasto turut mengapresiasi capaian Pemkot Surakarta menekan angka stunting.

“Kota Solo bagus, dari 20 persen turun jadi 16 persen, turunnya empat persen lebih. Kalau nasional turunnya 2,8 persen. Saya berharap tahun 2023 akhir sudah di bawah 14 persen, sekitar 11 persen untuk Kota Solo,” sanjungnya.

Inovasi Kota Solo dalam mengatasi stunting, antara lain menerapkan by name by address, pun mendapat apresiasi dari Hasto. Dengan inovasi tersebut, bantuan yang disalurkan pemerintah tepat sasaran.

“Yang terjadi di Solo memang ketepatan sasaran dalam memberikan bantuan. Penyerapan anggaran di atas 92 persen. Kalau anggaran stunting polanya jelas, salah satunya melalui DAK (dana alokasi khusus) yang ada di Dinas Kesehatan,” tuturnya.

Dengan dana alokasi khusus tersebut, diharapkan bisa digunakan untuk membeli produk makanan lokal dalam menekan angka stunting. (ant/bnt/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
28o
Kurs