Minggu, 5 Mei 2024

BMKG: Jawa Timur dan Wilayah Perairannya Berpotensi Hujan Hari ini

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan lebat diserta petir dan angin. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda menginformasikan terkait prakiraan cuaca dan potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah di Jawa Timur (Jatim) hari ini, Selasa (4/4/2023).

Hujan di pagi hari, berpotensi di wilayah Kabupaten Mojokerto, Tuban, Jombang, Magetan, Tulungagung, Kabupaten dan Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, dan Sampang.

Kemudian untuk siang-sore hari, di wilayah Sidoarjo, Kota Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Kabupaten dan Kota Madiun, Ngawi, Kota Kediri, Kabupaten dan Kota Malang, Batu, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep.

Untuk malam harinya, berada di wilayah Bojonegoro, Ngawi, Kabupaten Malang, dan Jember.

Secara umum cuaca hari ini diprakirakan Cerah, berawan, hujan ringan-sedang, hingga lebat disertai petir. Dengan suhu udara berkisar di 15 – 33 °C, kelembapan udara berada di 60 – 100 persen, dan angin didominasi dari barat daya-selatan dengan kecepatan 5 – 30 km/jam.

Sedangkan untuk cuaca di wilayah perairan Jawa Timur, BMKG Tanjung Perak memprakirakan hujan dengan intensitas ringan-sedang dapat terjadi di seluruh wilayah perairan Jatim.

Dengan kondisi angin didominasi dari barat daya-barat, kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur dan Samudra Hindia Selatan Jawa Timur sebesar 14 knots (27 km/jam).

Tinggi gelombang laut di Selat Madura berada di antara 0.1-0.3 m, Laut Jawa bagian timur antara 0.3-1.5 m, dan Samudra Hindia Selatan Jatim antara 0.8-2.3 m.(abd/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs