Minggu, 28 April 2024

BMKG: Jelang Akhir Pekan, Surabaya Belum Ada Indikasi Turun Hujan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, cuaca cerah berawan. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di Kota Surabaya belum terindikasi akan turun hujan menjelang akhir pekan, Sabtu (14/10/2023).

Dalam keterangannya yang diterima suarasurabaya.net, Kota Pahlawan dan sebagian besar wilayah Jawa Timur (Jatim) cuacanya cenderung cerah hingga berawan seharian ini.

Terkait potensi turun hujan di luar Surabaya, BMKG belum merinci daerah mana saja. Namun, diprakirakan hujan hanya akan berintensitas ringan hingga sedang.

Suhu udara di Jatim, hari ini berkisar 12 hingga 37 derajat dengan kelembapan udara mencapai 40-95 persen. Angin dominan berhembus dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan lima sampai 40 kilometer per jam.

Adapun untuk wilayah perairan Jatim, diprakirakan BMKG Maritim Tanjung Perak secara umum kondisi cuacanya hujan ringan di sebagian wilayah.

Arah angin dominan berhembus dari Timur ke Tenggara, dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 22 knot (41 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 17 knots (31 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-1.0 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.5-1.8 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.3-3.0 meter.

BMKG juga meminta masyarakat mewaspada tinggi gelombang mencapai 2.5 meter di Perairan selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs