Minggu, 5 Mei 2024

BMKG Pastikan Indonesia Tak Terdampak Potensi Tsunami Akibat Gempa Alaska

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Peta pusat gempa bumi di Alaska yang dirilis BMKG pada Minggu (16/7/2023). Foto: Antara/ BMKG

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan gempa dengan magnitudo 7,1 mengguncang wilayah Semenanjung Alaska pada Minggu (16/7/2023) pagi waktu setempat.

Peringatan tsunami pun dikeluarkan untuk wilayah sekitar gempa, yakni Alaska Selatan, Semenanjung Alaska dan wilayah Pasifik yang berlokasi dekat pusat gempa.

Namun, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia.

Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) memberikan peringatan potensi tsunami hanya untuk wilayah Alaska, tidak berpotensi menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia sehingga BMKG tidak mengeluarkan peringatan dini tsunami,” ujar Daryono Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG di Jakarta, Minggu seperti dikutip Antara.

Ia mengemukakan gempa yang terjadi pada Minggu, pukul 13.48 WIB itu menunjukkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 54,73 lintang utara dan 161,15 bujur barat pada kedalaman 40 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Lempeng Alaska,” katanya.

Ia menambahkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault). Sementara hingga pukul 14.30 WIB, hasil monitoring menunjukkan adanya empat aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar M5,7.

Daryono mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” ujarnya. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs