Minggu, 28 April 2024

BMKG: Potensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang Melanda Jawa Timur

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan lebat diserta petir dan angin. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya, memprakirakan cuaca hari ini Sabtu (11/2/2023) untuk wilayah Jawa Timur, berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Untuk pagi dan malam hari, diprakirakan berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir. Siang-sore hari, diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir. Sedangkan untuk dini hari, diprakirakan cerah, berawan, dan hujan ringan-sedang.

Suhu udara berada di antara 14 – 33 derajat celcius, untuk kelembapan udara, berkisar di 60 – 100 persen dan untuk angin didominasi oleh angin dari barat – barat daya dengan kecepatan 5 – 40 km/jam.

BMKG Juanda Surabaya juga menyampaikan peringatan dini untuk mewaspadai hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah.

Pagi hari, potensi hujan berada di wilayah Lamongan, Bojonegoro, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Malang.

Siang-sore hari, hujan berpotensi melanda wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota dan Kabupaten Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kabupaten dan Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten dan Kota Blitar, Kabupaten dan Kota Kediri, Kabupaten dan Kota Malang, Batu, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kabupaten dan Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep.

Untuk malam hari, berpotensi di wilayah Kabupaten Mojokerto, Gresik, Tuban, Jombang, Nganjuk, Kabupaten dan Kota Madiun, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten dan Kota Blitar, Kabupaten dan Kota Kediri, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kabupaten dan Kota Probolinggo, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep.

Berikut infografis terkait peringatan dini untuk wilayah Jawa Timur:

(abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs