Kamis, 16 Mei 2024

BMKG Prakirakan Ada Potensi Hujan di Jatim Siang Ini

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi hujan di kota besar. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan ada potensi hujan sedang di wilayah Jawa Timur (Jatim), Jumat (15/9/2023), siang hari ini.

Keterangan yang diterima suarasurabaya.net, potensi hujan itu ada di wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto dengan intensitas sedang pada siang hari.

Sementara untuk Surabaya Raya (Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik) menurut prakiraan BMKG masih akan cerah hingga berawan, seharian ini. Konidisi serupa juga diperkirakan terjadi di sebagian besar wilayah Jatim lainnya.

Suhu udara Jatim hari ini berkisar 14-35 derajat celcius, dengan kelembapan udara mencapai 35-100 persen. Kecepatan angin sekitar lima sampai 30 kilometer per jam, dengan angin dominan berhembus dari Tenggara ke Timur.

Adapun kondisi wilayah perairan Jatim hari ini, diprakirakan BMKG Maritim Tanjung Perak secara umum cerah berawan.

Arah angin dominan dari Timur ke Tenggara, dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 23 knot (43 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 25 knots (45 kilometer per jam)

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.3-1.3 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.5-2.3 meter dan Samudra Hindia Selatan Jatim antara 1.5-4.8 meter.

BMKG Maritim Tanjung Perak juga meminta masyarakat sekitar pesisir waspada tinggi gelombang mencapai 2.5 meter di Perairan selatan Jatim dan Samudera Hindia Selatan Jatim. (bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
31o
Kurs