Minggu, 28 April 2024

BMKG Prakirakan Awal Musim Kemarau di Jatim Tahun Ini Mulai April

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Kemarau. Foto: Pixabay

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Jawa Timur memprakirakan awal musim kemarau di Jatim tahun ini akan dimulai pada bulan April.

Anung Suprayitno Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Jatim, Jumat (17/3/2023) mengatakan, sebanyak 60,8 persen zona musim akan memasuki musim kemarau di bulan April, 35,1 persen di bulan Mei, 2,7 persen di bulan Juli dan 1,4 persen di bulan Juni.

“April dasarian I, atau di kisaran tanggal 1-10 di sebagian Kabupaten Tuban, Lamongan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Probolinggo, Situbondo, Banyuwangi akan memasuki musim kemarau lebih dulu,” kata Anung.

Sedangkan untuk wilayah yang paling akhir memasuki musim kemarau di bulan Juli dasarian III, yaitu sebagian kabupaten Malang dan bagian barat daya Lumajang.

Ini karena fenomena La Nina yang selama tiga tahun terakhir berada di Indonesia dalam kondisi cukup basah, sementara di tahun 2023 ini mulai meluruh atau hilang. Kemudian monsun Asia diprediksi masih aktif dan mendominasi wilayah Indonesia pada bulan Maret, selanjutnya di bulan April angin monsun Australia aktif masuk Indonesia.

“Artinya kita toto-toto dalam waktu dekat memasuki musim peralihan menuju musim kemarau,” terang Anung.

Puncak musim kemarau tahun ini, dengan dominasi sebanyak 61 ZOM (zona musim) atau 82,4 persen, akan terjadi di bulan Agustus. Sementara 14, 9 persen wilayah Jatim akan mengalami puncak musim kemarau di bulan September dan sebagian kecil yaitu 2,7 persen di bulan Juli.

Prakiraan puncak musim kemarau tahun 2023 oleh BMKG Stasiun Klimatologi Jawa Timur. Foto: BMKG Jatim

Musim kemarau di 31 ZOM Jawa Timur atau sekitar 41,9 persen berpeluang datang lebih awal sekitar 1 bulan. Beberapa di antaranya meliputi wilayah Surabaya, Sidoarjo, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Malang, Pasuruan Pacitan, Trenggalek dan Situbondo.

Sementara sebanyak 27 ZOM atau 36,5 persen berpeluang sama dan 16 ZOM (21,6 persen) musim kemaraunya mundur.

Anung turut menyebut musim kemarau tahun ini akan lebih panjang dibanding musim hujan.

“Artinya 2023 ketika masuk musim kemarau hingga berakhir, berpeluang kemarau jadi lebih panjang, dan sifat hujannya lebih kering. Artinya akan dijumpai sedikit hujan di tahun 2023,” tutur Anung.

Pihaknya meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem khususnya hujan lebat yang kadangkala disertai angin kencang, puting beliung dan petir pada masa peralihan hingga awal musim kemarau 2023 yang berpotensi menimbulkan dampak merugikan di masyarakat.(dfn/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
30o
Kurs