Minggu, 5 Mei 2024

BMKG Prakirakan Sebagian Kota Besar di Indonesia Berpotensi Hujan Ringan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Peta prakiraan puncak musim hujan 2023/2024 Peta prakiraan puncak musim hujan 2023/2024

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan insensitas ringan mulai mengguyur sebagian kota besar di Indonesia, Jumat (6/10/2023).

Kecepatan angin rata-data berkisar 15 sampai 55 kilometer per jam yang mengarah ke timur-tenggara.

“Suhu udara di kota-kota besar Indonesia berkisar antara 20 hingga 36 derajat Celsius. Kelembapan udara berkisar antara 40 sampai 100 persen,” kata Marlin Denata Prakirawan BMKG dalam keterangan di Jakarta, Jumat, seperti dilansir Antara.

Di Pulau Sumatra, potensi hujan ringan diperkirakan terjadi di Tanjung Pinang, Pekanbaru, Padang, dan Bandar Lampung.

BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai potensi hujan disertai petir yang diperkirakan terjadi di wilayah Medan dan Banda Aceh.

Sementara itu, wilayah Pangkal Pinang dan Bengkulu diperkirakan berawan, serta Palembang dan Jambi berasap.

Di Pulau Jawa, cuaca cerah hingga cerah berawan berpotensi terjadi di Surabaya, Jakarta, dan Serang. Cuaca yang diprakirakan berawan ada di Semarang dan Yogyakarta.

BMKG menyebutkan, hanya Bandung yang berpotensi mengalami hujan dengan intersitas lebat disertai petir.

Sedangkan, Kepulauan Sunda Kecil diperkirakan berawan dan untuk wilayah Denpasar dan Mataram, dan Kupang cerah berawan.

Di Pulau Kalimantan, hujan ringan diperkirakan turun di Samarinda dan Banjarmasin. Cuaca berawan ada di Pontianak dan Tanjung Selor, serta d Palangkaraya berkabut asap.

Kemudian Pulau Sulawesi, BMKG memperkirakan cuaca cerah hingga cerah berawan di Gorontalo dan Kendari.

Langit berawan berpotensi menyelimuti wilayah Manado, Palu, dan Makassar. Hanya Mamuju yang diperkirakan turun hujan ringan.

“Di wilayah Indonesia bagian timur cuaca diperkirakan berawan hingga berawan tebal di Ternate dan Ambon. Sementara itu, hujan ringan diperkirakan terjadi di Manokwari dan Jayapura,” ujar Marlin.

BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi angin kencang di beberapa wilayah, seperti Aceh, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Barat.

Selain itu, ada peringatan tinggi gelombang laut lebih dari empat meter di perairan barat Lampung, Samudera Hindia bagian barat Bengkulu hingga Lampung, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa Tengah hingga Jawa Timur, dan Samudera Hindia sebelah selatan Jawa hingga Bali.

BMKG juga mengimbau kewaspadaan potensi kebakaran yang berada pada kategori sangat mudah terbakar di Sumatra bagian tengah hingga selatan, sebagian besar Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, sebagian Kalimantan bagian tengah hingga selatan, Sulawesi bagian selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku bagian tenggara, sebagian Papua bagian barat dan Papua bagian selatan. (ant/ath/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs