Kamis, 16 Mei 2024

BMKG Prakirakan Sebagian Kota Besar Indonesia Hari ini Diguyur Hujan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi hujan di kota besar. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah Indonesia, Jumat (14/4/2023) hari ini, akan turun hujan.

Dilaporkan Antara mengutip laman resmi BMKG, hujan ringan bakal terjadi di siang hari pada Kota Jakarta, Gorontalo, Palangkaraya, Pangkal Pinang, Mataram, Kendari dan Medan.

Hujan dengan intensitas sedang diprakirakan turun di Serang, Bandung, Bandar Lampung dan Makassar. Sementara Yogyakarta, Surabaya, Banjarmasin berpotensi turun hujan lebat disertai kilat dan petir pada siang harinya.

Sementara cuaca berawan diprakirakan terjadi di Denpasar, Tanjung Pinang, Ternate, Kupang, Kota Jayapura, Manokwari, Mamuju, dan Palembang, ketika siang hari. Hanya Semarang yang diselimuti cuaca berawan tebal.

Kemudian cuaca cerah berawan pada siang hari diprakirakan hadir di Banda Aceh, Bengkulu, Jambi, Pontianak, Samarinda, Tarakan, Ambon, Pekanbaru, Manado, dan Padang.

Menurut BMKG, memasuki waktu malam wilayah yang diguyur hujan ringan adalah Serang, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Palangkaraya, Ambon, Ternate, Mamuju, dan Palembang.

Sedangkan hujan dengan intensitas sedang bakal mengguyur Bengkulu, Surabaya dan Medan. Hanya Jambi yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai dengan kilat dan petir.

Adapun suhu pada hari ini diprakirakan mencapai 19 sampai 33 derajat celsius, dengan tingkat kelembapan mencapai 55 hingga 100 persen.

Sebelumnya Dwikorita Karnawati Kepala BMKG menyampaikan bahwa kondisi cuaca ekstrem berpotensi terjadi di sejumlah wilayah pada masa mudik Lebaran 2023. Untuk itu, para pemudik diimbau meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
25o
Kurs