Senin, 6 Mei 2024

BMKG: Wilayah Jawa Timur Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang Hari Ini

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi cuaca ekstrem di wilayah Jatim saat malam tahun baru. Foto: Freepik

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda menginformasikan perihal cuaca juga peringatan dini terkait hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang untuk wilayah Jawa Timur hari ini, Sabtu (29/4/2023).

Pagi hari, hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang diprakirakan melanda wilayah Nganjuk, Pacitan, Tulungagung, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, dan Sumenep.

Untuk siang-sore hari, diprakirakan melanda wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota dan Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kabupaten dan Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten dan Kota Blitar, Kota Kediri, Kabupaten dan Kota Malang, Batu, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kabupaten dan Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, dan Sampang.

Kemudian malam harinya, berada di wilayah Gresik, Kab. Blitar, Bangkalan dan Sampang. Sedangkan untuk dini hari,diprakirakan melanda wilayah Jember dan Banyuwangi.

Secara umum cuaca hari ini diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai Petir.

Kemudian untuk suhu udara berada di kisaran 15 – 34 °C, kelembapan udara 60 – 95 %, dan angin didominasi dari timur-tenggara dengan kecepatan 5 – 30 km/jam.

Sementara itu, untuk cuaca wilayah perairan Jawa Timur, BMKG Tanjung Perak memprakirakan hujan ringan hingga sedang dapat terjadi di sebagian wilayah Perairan Jawa Timur.

Kondisi angin didominasi dari Timur-Tenggara dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 13 knot (24 km/jam) dan Samudra Hindia selatan Jatim sebesar 21 knots (39 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1-1.0 m, Laut Jawa bagian Timur antara 0.2-0.5 m dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.5-4.0 m.

BMKG Tanjung Perak juga mewaspadai tinggi gelombang lebih dari 2.5 m di Perairan Selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim.(abd/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
25o
Kurs