Senin, 29 April 2024

Sebagian Jatim Diprakirakan Diguyur Hujan Hari Ini

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi hujan. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memperingatkan masyarakat di sejumlah wilayah Jawa Timur untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat yang diprakirakan terjadi hari ini, Jumat (28/4/2023).

Pada pagi hari, BMKG Juanda mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi cuaca tersebut di wilayah Kab. Mojokerto, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo dan Sumenep.

Kemudian pada siang-sore hari di wilayah Kab. Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Ngawi, Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

Selanjutnya malam hari di wilayah Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Ngawi, Kota Kediri, Kab. Malang, Batu, Kota Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Secara umum cuaca hari ini diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan-sedang, hujan lebat disertai angin.

Suhu udara hari ini berada di kisaran 15-34 derajat Celcius, kelembapan udara 55 – 100 persen dan angin dominan dari arah timur-timur laut dengan kecepatan mencapai 05 – 30 km/jam.

Sementara untuk kondisi cuaca maritim, hujan ringan berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan Jawa Timur.

Arah angin perairan didominasi dari timur-tenggara, kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 12 knot (22 km/jam) dan Samudra Hindia selatan Jatim sebesar 24 knots (44 km/jam).

Kemudian, ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0,1-0,5 m, Laut Jawa bagian Timur antara 0,2-0,8 m dan Samudra Hindia Selatan Jatim antara 1,5-4,0 m.

BMKG Maritim turut mengeluarkan peringatan untuk mewaspadai tinggi gelombang lebih dari 2,5 meter di perairan selatan Jatim dan Samudra Hindia selatan Jatim.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs