Jumat, 19 April 2024

BNPB: Tekanan Urbanisasi Dominasi Penyebab Banjir-Longsor di Jawa

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
BPBD Gresik melakukan evakuasi warga Desa Beton, Kec. Menganti menuju tempat pengungsian, Selasa, (21/2/2023). Foto: BPBD Gresik

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan tekanan urbanisasi penduduk membuat Pulau Jawa memiliki karakteristik bencana banjir dan longsor yang berbeda dibandingkan wilayah Indonesia lainnya.

“Kalau Jawa, meskipun kita tahu alih fungsi lahan sangat dominan, tetapi tekanan urbanisasi itu lebih banyak,” ujar Abdul Muhari Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dilansir dari Antara, Selasa (28/3/2023).

Menurut Abdul, perkembangan dari pertumbuhan populasi akan meningkatkan tekanan pada lingkungan.

Apabila berbicara mengenai urban area dan daerah padat penduduk, secara otomatis masyarakat cenderung lebih banyak mengepung Daerah Aliran Sungai (DAS). Hal ini berakibat mempersempit badan sungai, kemudian sampah, sedimentasi, dan lain-lainnya, akan mengurangi optimalisasi dari sungai dalam menampung air.

“Tapi misalkan di daerah Sumatera atau Kalimantan, lebih banyak kepada alih fungsi lahan secara masif baik. Apakah dari hutan ke kebun, dari hutan ke tambang, dari hutan ke yang lain ke perkebunan, yang kemudian secara otomatis akan mengurangi daya dukung dan daya tampung lingkungan, khususnya dalam satu DAS dalam menampung air,” kata dia.

Sehingga faktor-faktor tersebut menyebabkan banjir di kawasan Kalimantan dan Sumatera pada umumnya, berbeda dengan Jawa.

“Jawa itu urbanisasi karakteristiknya, sedangkan Kalimantan dan Sumatera lebih banyak banyak pada alih fungsi lahan,” ujar dia.(ant/ihz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
28o
Kurs