Minggu, 26 Mei 2024

Bos Wagner Tewas dalam Kecelakaan Pesawat di Rusia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Yevgeny Prigozhin kepala tentara bayaran Wagner meninggalkan markas Distrik Militer Selatan di tengah-tengah penarikan kelompok tersebut dari kota Rostov-on-Don, Rusia, 24 Juni 2023. Foto: Reuters

Yevgeny Prigozhin kepala kelompok tentara bayaran bernama Wagner, berada di dalam pesawat yang jatuh pada Rabu (23/8/2023) malam waktu setempat di utara Moskow, Rusia.

Rosaviatsia, badan penerbangan Rusia mempublikasikan nama-nama orang yang berada di dalam pesawat yang jatuh. Prigozhin dan Dmitry Utkin yang dikenal sebagai tangan kanan Prigozhin termasuk di dalamnya.

Melansir Reuters pada Kamis (24/8/2023), setelah kecelakaan tersebut, lampu-lampu yang menampilkan salib raksasa menerangi jendela kantor Wagner di St. Petersburg sebagai tanda penghormatan dan berkabung.

Tak cuma itu saja, bunga-bunga ditinggalkan dan lilin-lilin dinyalakan di dekat Wagner tersebut.

Adapun Grey Zone, sebuah saluran Telegram yang terkait dengan Wagner, menyatakan bahwa Prigozhin telah meninggal dalam kecelakaan pesawat tersebut.

Selain itu, mereka juga memuji Prigozhin sebagai pahlawan dan patriot yang disebutnya telah tewas di tangan orang-orang tak dikenal yang mereka sebut sebagai “pengkhianat Rusia.”

Kejadian ini akan membuat Kelompok Wagner tidak memiliki pemimpin dan menimbulkan pertanyaan tentang operasi mereka pada masa depan. (bnt/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
30o
Kurs