Senin, 29 April 2024

BPJS Kesehatan Hadirkan Posko Mudik di Jalur Darat dan Laut

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ghufron Mukti Direktur Utama BPJS Kesehatan saat menyampaikan keterangan kepada wartawan usai Konferensi Pers Pelayanan JKN Saat Libur Lebaran 2023 di Gedung Pusat BPJS Kesehatan Jakarta, Kamis (6/4/2023). Foto: Antara

BPJS Kesehatan akan menghadirkan posko mudik di lima titik jalur darat dan laut yang padat pemudik Lebaran 2023 guna mempermudah akses pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“BPJS Kesehatan telah menyiapkan tim Posko Terpadu Siaga ramadan dan Idulfitri (Posko Rafi),” kata Ghufron Mukti Direktur Utama BPJS Kesehatan dalam konferensi pers Pelayanan JKN Saat Libur Lebaran 2023 di Gedung Pusat BPJS Kesehatan Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Melansir dari Antara, lima posko mudik tersebut berada di Terminal Pulo Gebang Jakarta, rest area Tol Cikampek KM 57, rest area Tol Ungaran KM 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, dan Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar.

Ghufron menjelaskan, khusus pada agenda arus balik, pihaknya menambah satu posko arus balik di rest area Tol Banjaratma KM260 B, Brebes.

“Lima lokasi posko itu kami pilih karena pertimbangan situasi pengakses layanan yang cukup tinggi berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya,” katanya.

Ghufron juga menyebut, terkait izin untuk mengadakan posko layanan bagi pengguna transportasi kereta api maupun pesawat masih relatif rumit.

“Kami sudah mengevaluasi, ada di terminal, rest area dan lainnya, ternyata permintaan paling banyak di rest area. Stasiun sempat dijajaki, tapi lebih sulit birokrasinya,” tutur Ghufron.

Sementara itu, sejumlah fasilitas yang tersedia di posko mudik meliputi layanan periksa kesehatan hingga pijat refleksi menggunakan mesin agar peserta tetap segar dan bugar selama menempuh perjalanan mudik.

Ia menambahkan, jumlah posko yang disiapkan pada agenda mudik tahun ini relatif sama dengan penyelenggaraan agenda serupa beberapa tahun sebelumnya.

“Kita tidak kurangi, kita samakan jumlah poskonya,” tandas Ghufron Mukti.(ant/abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs