Senin, 29 April 2024

Cak Anam, Tokoh NU dan Politikus Senior Jatim Meninggal Dunia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
KH Choirul Anam Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) yang juga politikus senior Jawa Timur. Foto: Kominfo Jatim

KH Choirul Anam atau akrab disapa Cak Anam tokoh Nahdlatul Ulama (NU) yang juga politikus senior Jawa Timur (Jatim), wafat di usia ke-69 tahun di Rumah Sakit Islam (RSI) Jemursari, Surabaya, pada Senin (9/10/2023), pukul 05.45 WIB.

Mokhamad Kaiyis adik almarhum mengatakan, sebelum wafat Cak Anam menjalani perawatan di RSI kurang lebih selama dua pekan lantaran kondisi kesehatannya yang mengalami penurunan.

“Dua minggu dirawat, kondisinya drop kalau kata dokter terkena syaraf nomor 9 dan 10,” kata Kaiyis di rumah duka di Jalan Kutisari Indah Barat IV, Surabaya, Jawa Timur.

Kaiyis menyatakan, gangguan kesehatan itu membuat almarhum mengalami keterbatasan aktivitas. “Akhirnya tidak bisa menelan makanan, tidak bicara sama sekali juga selama dua minggu itu,” katanya.

Melansir Antara, para pelayat sudah mulai berdatangan sejak pukul 07.15 WIB dan melantunkan tahlil sembari menunggu kedatangan jenazah Cak Anam yang masih berada di RSI.

Terlihat beberapa tokoh juga hadir ke rumah duka, seperti Ali Affandi Ketua Kadin Surabaya, Irwan Setiawan Ketua DPW PKS Jawa Timur, serta perwakilan instansi baik dari Pemprov Jatim dan Pemkot Surabaya.

Sementara jenazah Cak Anam tiba di rumah duka sekitar pukul 10.08 WIB, dan selanjutnya langsung diberangkatkan ke Kabupaten Jombang, pukul 12.00 WIB untuk dikebumikan. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
28o
Kurs