Minggu, 3 Maret 2024

Tony Bennett Musisi Jazz dan Pop Legendaris Tutup Usia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Potret Tony Bennett. Foto: New York Times

Tony Bennett Penyanyi genre musik pop dan jazz legendaris meninggal dunia pada Jumat (21/7/2023) pagi waktu setempat di New York, Amerika Serikat usai berjuang melawan penyakit Alzheimer yang dideritanya.

Melansir Antara, Sabtu (22/7/2023), Music News melaporkan Tony Bennett didiagnosis menderita Alzheimer pada 2016, namun, sang musisi tidak mengungkapkan penyakitnya itu kepada publik hingga tahun 2021. Dia tampil pada pertunjukan terakhir bersama Lady Gaga pada akhir tahun 2021.

Penyanyi dengan nama asli Anthony Dominick Benedetto itu merilis album pertamanya berjudul “Because of You” pada 1952 dan lagu-lagunya kerap muncul di tangga lagu Amerika Serikat selama karirnya. Salah satu lagunya yang terkenal adalah lagu keluaran 1962 berjudul “I Left My Heart in San Fransisco”.

Selama delapan dekade berkarir, Bennett telah menggaet 20 penghargaan Grammy termasuk penghargaan Lifetime Achievement Award yang ia terima pada 2001. Dia telah merilis lebih dari 70 album dan menjual 50 juta rekaman musik ke seluruh dunia.

Menjelang akhir karirnya, Tony Bennett memperoleh perhatian publik saat berkolaborasi dengan Lady Gaga. Hasil kolaborasi tersebut adalah dua album jazz berjudul “Cheek to Cheek” pada 2014 dan “Love for Sale” pada 2021.

Mereka menggelar tur untuk mempromosikan album “Cheek to Cheek”, yang menjadikan Bennett sebagai artis tertua yang meraih posisi nomor satu di tangga album Amerika Serikat.

Saat merilis “Love for Sale”, Bennett memperoleh penghargaan dari Guinness World Record sebagai musisi tertua yang merilis album dengan materi lagu baru pada usianya yang saat itu menginjak 95 tahun. (ant/bnt/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
27o
Kurs