Sabtu, 4 Mei 2024

China Akhiri Aturan Wajib Pakai Masker di Transportasi Umum

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Arsip foto - Seorang penumpang menyesuaikan masker wajah seorang anak di Stasiun Kereta Api Timur Zhengzhou di Zhengzhou, Provinsi Henan, China tengah. Foto: Antara

China pada Rabu (12/4/2023) merilis serangkaian pedoman baru terkait penggunaan masker oleh masyarakat guna mencegah infeksi Covid-19.

Salah satunya menyatakan bahwa masyarakat saat ini tidak lagi diwajibkan untuk mengenakan masker ketika menggunakan transportasi umum.

Melansir Antara, pedoman dari mekanisme bersama pencegahan dan pengendalian Covid-19 Dewan Negara China itu bertujuan untuk menjelaskan situasi dan keadaan di mana masyarakat wajib, dapat memilih, atau boleh memilih untuk tidak mengenakan masker.

Orang-orang disarankan untuk mengenakan masker saat menggunakan transportasi umum dan memasuki pasar swalayan, bioskop, dan tempat-tempat dalam ruangan (indoor) lainnya dengan perkumpulan skala besar.

Setiap individu memiliki keleluasaan untuk memilih apakah akan memakai masker atau tidak di lokasi luar ruangan seperti lapangan umum dan taman. Para murid tidak diharuskan memakai masker di sekolah, menurut pedoman tersebut.

Namun, dalam keadaan tertentu, penggunaan masker tetap diwajibkan. Situasi ini termasuk ketika seseorang teruji positif Covid-19 atau menunjukkan gejala terkait, selama berlangsungnya wabah lokal, dan ketika mengunjungi institusi medis dan panti wreda.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs