Rabu, 28 Februari 2024

China Berupaya Komersialkan Teknologi 6G Sekitar Tahun 2030

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi jaringan 6G. Foto: 6G-Ready

Kementerian Industri dan Teknologi Informasi China mengumumkan bahwa mereka telah mengalokasikan spektrum 6GHz untuk sistem 5G dan 6G.

Spektrum 6GHz merupakan satu-satunya sumber daya berkualitas tinggi dengan bandwidth besar di pita frekuensi menengah (mid-band). Dengan mempertimbangkan keunggulan cakupan dan kapasitasnya, kata kementerian tersebut, menambahkan bahwa rentang 6GHz sangat sesuai untuk penyebaran sistem 5G atau sistem 6G di masa depan.

Melansir dari Antara pada Kamis (7/12/2023), pada tahap selanjutnya, kementerian tersebut akan memperkuat fondasi penerapan 6G dan memfasilitasi kolaborasi antarsektor untuk mengembangkan ekosistem 6G yang solid.

Selain itu juga mendorong perumusan standar 6G yang terpadu secara global, kata Zhang Yunming Wakil Menteri Perindustrian dan Teknologi Informasi China.

Standar 6G diperkirakan akan ditetapkan pada 2025, kata Wang Zhiqin yang pemimpin kelompok promosi 6G China sekaligus deputi direktur Akademi Teknologi Informasi dan Komunikasi China (China Academy of Information and Communications Technology/CAICT), di lembaga penyiaran milik negara itu China Central Television (CCTV) pada Rabu (6/12/2023) kemarin. (ant/mel/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Rabu, 28 Februari 2024
26o
Kurs