Senin, 29 April 2024

China dan Rusia Sepakat Tegakkan Perdamaian di Asia Pasifik

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Xi Jinping Presiden China (kiri) berjabat tangan erat dengan Vladimir Putin Presiden Rusia (kanan) dalam sebuah pertemuan di Moskow. Foto: Xinhua

Wang Yi diplomat senior China dan Nikolai Patrushev Sekretaris Dewan Keamanan Rusia sepakat bahwa perdamaian dan stabilitas di Asia-Pasifik harus ditegakkan dan menentang adanya mentalitas Perang Dingin di kawasan ini.

Wang bertemu dengan para pemimpin Mekanisme Konsultasi Keamanan Strategis China-Rusia dan Patrushev pada Selasa (21/2/2023) waktu Rusia.

Menurut Kementerian Luar Negeri China pada Rabu (22/2/2023) yang dilansir Antara, dalam pertemuan tersebut kedua belah pihak membahas cara meningkatkan tata kelola global.

Kedua negara juga bertukar pandangan mengenai situasi di Ukraina, tetapi Kementerian Luar Negeri China tak menjelaskan lebih jauh soal ini.

Kementerian Luar Negeri China menyatakan kedua belah pihak sama-sama bersedia mempraktikkan “multilateralisme yang sesungguhnya, menentang segala bentuk intimidasi sepihak, dan memajukan demokratisasi hubungan internasional dan multipolarisasi dunia”.

Wang akan bertemu dengan Sergei Lavrov Menteri Luar Negeri Rusia hari ini sebagai bagian dari kunjungannya ke Moskow.

Sementara Dmitry Peskov juru bicara Kremlin menyatakan tak tertutup kemungkinan Wang bertemu dengan Vladimir Putin Presiden Rusia, mengingat “ada banyak hal yang mesti dibicarakan”. (ant/dfn/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs