Minggu, 28 April 2024

China Selesaikan Pengiriman Seluruh Set Kereta untuk KCJB

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pemuatan set kereta peluru di Pelabuhan Qingdao, China timur. Foto: Antara

Pengiriman seluruh kereta untuk proyek “Kereta Cepat Jakarta-Bandung” (KCJB) telah selesai, dengan pemuatan tiga set kereta peluru terakhir di Pelabuhan Qingdao, China timur, untuk pengiriman ke Indonesia.

Hal tersebut dikonfirmasi COSCO Shipping Specialized Carriers operator pengiriman China yang berkantor pusat di Guangzhou, Sabtu (6/5/2023) lalu.

Perusahaan itu mengembangkan solusi khusus untuk pengiriman kereta, yang dikirim secara bertahap mulai Agustus 2022 lalu.

Melansir laporan Antara, Senin (8/5/2023), kereta rel listrik cepat (electric multiple unit/EMU) tersebut mencakup 11 rangkaian kereta dan satu kereta inspeksi komprehensif jalur kereta.

KCJB merupakan salah satu proyek penting di bawah Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra (Belt and Road Initiative/BRI) yang diusulkan oleh China, dan akan menghubungkan Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta dan Bandung ibu kota Provinsi Jawa Barat.

Dirancang dengan kecepatan mencapai 350 kilometer per jam, kereta ini akan memangkas waktu perjalanan Jakarta-Bandung dari tiga jam lebih menjadi hanya sekitar 40 menit. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs