Selasa, 30 April 2024

Cuaca di Jatim Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan lebat diserta petir dan angin. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memperkirakan cuaca di sejumlah wilayah Jawa Timur (Jatim) berpotensi hujan lebat disertai petir pada Selasa (6/6/2023).

Dalam data yang diterima suarasurabaya.net dari BMKG Juanda, cuaca hampir seluruh wilayah di Jatim pada pagi hari ini diperkirakan cerah, berawan, berkabut.

Sedangkan cuaca pada siang sampai sore hari diperkirakan cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai Petir. Kondisi serupa juga terjadi pada malam hari.

BMKG Juanda memberikan peringatan dini terkait hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang dan sore hari di sejumlah wilayah Jatim.

Seperti Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Trenggalek, Kabupaten Malang, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, dan Sampang.

Kemudian hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang akan terjadi pada malam hari di Tuban.

Suhu udara berkisar 15-34 derajat celsius. Kelembapan udara 50-100 persen. Angin dominan bertiup dari tenggara ke timur dengan kecepatan 5-40 km/jam

Sementara itu, BMKG Maritim Tanjung Perak mengeluarkan peringatan untuk waspada tinggi gelombang lebih dari 2,5 meter di perairan selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim. Sedangkan kondisi cuaca di perairan Jatim pada umumnya hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. (saf/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs