Kamis, 13 Juni 2024

Cuaca Hari Ini Surabaya dan Sebagian Besar Jatim Diprakirakan Hujan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi hujan di kota besar. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan hujan akan mengguyur sebagian besar wilayah Jawa Timur (Jatim) seharian ini, Sabtu (2/12/2023).

Keterangan yang diterima suarasurabaya.net, hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir mengguyur wilayah Tuban, Nganjuk, Kabupaten Kediri, Batu, dan Kabupaten Probolinggo pada pagi hari.

Sementara untuk siang sampai sore, hujan dengan intensitas serupa akan terjadi di wilayah Surabaya, Kabupaten Mojokerto, Lamongan, Tuban, Nganjuk, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Kabupaten Kediri, Batu, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Jember, Bondowoso dan Bangkalan.

Untuk malam hari, wilayah yang hujan diprediksi hanya di Magetan, Kabupaten Malang dan Sampang. Sedangkan pada, Minggu (3/12/2023), hujan berlanjut di wilayah Surabaya, Gresik, Pacitan, Sampang dan Sumenep.

Kondisi suhu udara di Jatim seharian ini berkisar 18 hingga 34 derajat celcius dengan kelembapan 55-95 persen. Angin dominan berhembus dari Selatan ke Tenggara dengan kecepatan lima sampai 40 kilometer per jam.

Di sisi lain, BMKG Maritim Tanjung Perak memprakirakan potensi hujan ringan hingga sedang dapat terjadi di seluruh wilayah Perairan Jatim.

Arah angin didominasi dari Tenggara ke Selatan, dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 14 knots (27 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 13 knots (25 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-0.5 meter, Laut Jawa antara 0.5-0.8 meter, dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 0.8-1.8 meter. (bil/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 13 Juni 2024
31o
Kurs